Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Vettel Kesal Atas Tindakkan Bodoh Hamilton

By Yudhi F. Oktaviadhi - Senin, 23 Juli 2012 | 01:12 WIB
Sebastian Vettel (Getty Images)

Sebastian Vettel mengungkapkan kekesalannya terhadap Lewis Hamilton karena telah melakukan tindakkan yang dianggap pebalap Red Bull itu bodoh. Vettel harus puas finis di posisi kedua di GP Jerman, Minggu (22/7) malam, di Sirkuit Hockenheim.

Dalam balapan tersebut Hamilton mengalami nasib sial karena harus tertinggal satu putaran karena ban mobilnya pecah setelah melindas serpihan dari mobil Felipe Massa yang mengalami kerusakan sayap di awal lomba. Anehnya pebalap McLaren ini justru berusaha terus memacu mobil dan mendahului para pebalap yang bertarung di posisi depan.

Yang membuat Vettel kesal adalah ketika melewati Hamilton satu putaran, akan tetapi pebalap asal Inggris itu justru balik menyerang dengan kembali melewati (unlapping) juara dunia dua musim terakhir tersebut. Situasi seperti itu membuat Vettel kesulitan untuk memangkas jarak dengan Fernando Alonso yang berada di posisi terdepan. Sementara itu, Jenson Button yang berada di urutan ketiga mendapatkan keuntungan dan mampu mendekati Vettel.

"Tindakan Lewis seperti itu tidak baik. Saya tidak mengerti mengapa dia ingin berlomba dengan kami yang telah melewatinya satu putaran. Jika dia ingin melaju kencang, seharusnya dia menunggu terlebih dulu untuk membuat jarak. Itu jelas sebuah tindakkan bodoh karena dia sudah tertinggal satu putaran," ungkap Vettel seperti dikutip Autosport.

"Jika ingin melaju cepat dan tidak memiliki peluang untuk memenangi balapan, Anda harus menghormati kenyataan tersebut dan menggunakan akal sehat. Saya tidak menduga dia akan menyerang, padahal tidak ada gunanya setelah itu saya terkejut saat dia ada di samping saya," sambungnya.