Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tak Ada Klub Pengganti Galatasaray dari Luar

By Yudhi F. Oktaviadhi - Senin, 23 Juli 2012 | 13:45 WIB

29 Juli 2012, menemui masalah. Salah satu peserta, Galatasaray, mengundurkan diri dari turnamen yang diprakarsai PT LPIS dan didukung oleh Pro Duta FC itu. Pengunduran diri itu disampaikan langsung di situs resmi klub Galatasaray.

Lantas apakah Java Cup akan tetap berjalan? Sihar Sitorus, pemilik Pro Duta FC selaku pihak investor Java Cup, mengatakan event yang juga diikuti Everton, tim nasional Indonesia, dan timnas Malaysia akan tetap bergulir. Adapun pengganti Galatasaray adalah timnas Indonesia senior.

"Karena waktu sudah mepet, mungkin peserta tetap diikuti tiga yakni Everton, timnas Indonesia U-23, dan timnas U-23 Malaysia, nanti ditambah satu timnas lagi," kata Sihar, Senin (23/7).

"Ya, itu timnas Indonesia juga. Untuk pengganti Galatasaray, kami bersama pihak sponsor masih terus membicarakan. Yang jelas, tidak ada peluang klub luar untuk menggantikan Galatasaray," sambung Sihar.

Sihar menambahkan, pihaknya sampai saat ini terus berkoordinasi dengan sejumlah pihak untuk pergantian ini. Tak hanya kepada pihak sponsor, tapi juga kepada PSSI.

"Dengan PSSI, kami masih berdiskusi. Mengingat waktu yang mepet, kita berusaha untuk bernegosiasi bagaimana pihak PSSI menyediakan satu timnas lagi untuk di Java Cup," terang Sihar.