Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Di Tangan Tito, Barca Tetap Impresif

By Yudhi F. Oktaviadhi - Senin, 23 Juli 2012 | 23:11 WIB
Andres Iniesta

Pergantian pelatih Barcelona dari Pep Guardiola ke tangan Tito Vilanova tampaknya tak diragukan oleh semua pemain Barca tak terkecuali Andres Iniesta. Meski terasa berat ditinggalkan Guardiola, Iniesta tetap yakin Barca akan tetap meraih kesuksesan di tangan Tito.

Peran Guardiola di kubu Barca memang sangat terasa. Empat musim menangani Barca sejak tahun 2008 Guardiola berhasil mempersembahkan 14 gelar bagi tim asal Cataluna tersebut. Dua di antaranya adalah menjadi juara Liga Champion 2008/09 dan 2010/11.

Setelah empat musim berjasa bagi Barca, Guardiola mengundurkan diri di akhir musim lalu. Tito Vilanova langsung ditunjuk menjadi suksesor Guardiola. Banyak pihak yang meragukan kualitas Tito, tetapi tidak begitu bagi skuad El Barca. Mereka mempercayai kualitas Tito.

"Jelas kami kehilangan sosok Guardiola,'' ujar Iniesta kepada Marca.

"Tapi, penunjukkan Tito sebagai pelatih baru tak akan mengubah Barca secara dramatis. Ia juga pelatih bagus. Kami akan bermain hampir sama dengan musim-musim sebelumnya dengan permainan impresif,'' tambahnya.

Ancang-ancang langsung dilakukan Barca di bawah asuhan Tito. Mereka mendatangkan Jordi Alba dari Valencia yang bermain gemilang dalam ajang Euro 2012 bersama tim nasional Spanyol. Pembelian Alba ini juga dianggap Iniesta sebagai langkah bagus menjelang musim depan dan ia yakin Alba akan bersinar di Barca.

"Alba adalah pemain bagus. Ia akan sukses di sini bersama Barca,'' pungkasnya.