Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Awal Sempurna Barcelona dan Real Madrid

By Yudhi F. Oktaviadhi - Rabu, 25 Juli 2012 | 21:20 WIB
Rivalitas Real Madrid dan Barcelona Diprediksi Semakin Sengit pada Musim Depan (Jasper Juinen/Getty Images)

musim, pada Selasa (24/7). Meski belum diperkuat beberapa pemain terbaik, kedua rival abadi tersebut tetap meraih kemenangan atas lawan masing-masing.

Tito Vilanova sukses melakoni debut sebagai Entrenador anyar Barcelona. Tampil tanpa sang mega bintang, Lionel Messi, Blaugrana berhasil menang tipis 2-1 atas Hamburg.

Sementara kemenangan lebih telak berhasil diraih Real Madrid. Los Blancos menang 5-1 atas Oviedo meski tampil dengan mayoritas pemain muda karena beberapa pemain senior asal Spanyol masih berlibur usai menjuarai Euro 2012.

Pertandingan pra-musim memang tidak bisa dijadikan patokan kiprah kedua tim pada musim depan. Namun, setidaknya ada beberapa hal menarik yang bisa dilihat jelang pertemuan Madrid dan Barcelona di ajang Piala Super Spanyol pada bulan depan.

1. Bukti Kualitas Dani Alves

Dani Alves menjalani tahun yang kurang menyenangkan pada musim lalu. Penampilan di bawah standar memaksa bek asal Brasil itu duduk di bangku cadangan ketika Barcelona menjalani laga semifinal leg kedua Liga Champion melawan Chelsea di Camp Nou. Tak hanya sampai di situ, masa depan Alves juga tak jelas pada musim panas.

Namun, Alves berhasil menjawab semua keraguan dengan performa gemilang ketika melawan Hamburg. Ia berhasil membawa Barcelona unggul ketika pertandingan baru memasuki menit kelima dan memberi assist untuk gol kemenangan yang dicetak oleh Gerard Deulofeu. Alves membuktikan kualitasnya masih dibutuhkan Barcelona pada musim depan.

2. Barcelona Butuh Bek Anyar

Meski Alves tampil sangat impresif, namun Barcelona mendapat kabar buruk setelah Marc Muniesa divonis menderita cedera lutut dan diperkirakan absen selama enam bulan. Blaugrana harus mencari bek baru, karena kapten Carles Puyol sulit diharapkan akibat sering terganggu masalah cedera.

3. Gerard Deulofeu, Bintang Baru La Masia