Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Valdes Jagokan Casillas Raih Ballon dOr

By Yudhi F. Oktaviadhi - Kamis, 26 Juli 2012 | 01:45 WIB
Victor Valdes dan Iker Casillas (Jasper Juinen/Getty Images)

Setelah kompetisi liga Eropa musim 2011/2012 selesai, kini giliran calon peraih Ballon dOr atau gelar pemain terbaik Eropa ramai diperbincangkan. Terselip nama kiper Real Madrid dan tim nasional Spanyol, Iker Casillas, yang dijagokan meraih penghargaan tersebut.

Penampilan Iker Casillas musim lalu bersama Real Madrid tak perlu dipertanyakan lagi. Ia disebut-sebut menjadi pemain kunci Madrid untuk merebut gelar La Liga dari tangan Barcelona musim lalu.

Tak sampai di situ, di ajang Euro 2012 ia tampil gemilang dan berhasil membawa La Furia Roja menjadi kampiun. Berdasarkan prestasinya tersebut, ia digadang-gadang bakal menjadi pesaing terberat  Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, dan Andres iniesta yang juga menjadi favorit meraih Ballon dOr.

Kiper Barcelona yang juga rekan satu tim Casillas di timnas Spanyol, Victor Valdes, juga tak ketinggalan menjagokan Casillas meraih Ballon dOr. Sebagai sesama penjaga gawang, Valdes mengaku bangga jika Casillas mampu meraih penghargaan tersebut.

"Sebagai seorang kiper, saya bangga jika Iker mampu meraih Ballon dOr,'' ujar kiper ketiga timnas Spanyol tersebut kepada Efe.

"Kami juga bagian dari sepakbola dan akan menjadi penghargaan bagi kami bila seorang kiper mampu meraih penghargaan itu,'' tambahnya.

Sangat jarang seorang kiper mampu meraih Ballon dOr. Jika memang nantinya Casillas mampu meraihnya, maka ia akan menjadi kiper kedua setelah kiper Rusia yang kala itu masih bernama Uni Soviet, Lev Yashin, yang mampu meraihnya di tahun 1963.