Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Trofi Piala FA Tak Bisa Menolong Dalglish

By Yudhi F. Oktaviadhi - Kamis, 26 Juli 2012 | 08:57 WIB
Kenny Dalglish (Getty Images)

Pemilik utama Liverpool, John W Henry, menguak kisah lama mengenai pemecatan Kenny Dalglish dari kursi pelatih. Ia mengatakan bahwa dirinya akan tetap mendepak pelatih kebangsaan Skotlandia itu meski mampu membawa Steven Gerrard dkk. memenangi trofi Piala FA.

Dalglish resmi dipecat sebagai pelatih The Reds pada 16 Mei lalu. Ada beberapa pihak yang beranggapan bahwa salah satu alasan pemecatan tersebut adalah karena Dalglish tak mampu menjadikan pasukannya sebagai jawara Piala FA edisi 2011/12.

Namun, menurut pengakuan Henry, bukan itulah alasan yang sebenarnya. Performa anjlok Liverpool menjadi faktor utama di balik pemecatan Dalglish.

"Jika kami memenangi Piala FA, itu tidak akan mengubah keadaan. Kami berada di urutan ke-17 klasemen saat musim 2011/12 memasuki paruh kedua dan Liverpool seharusnya tidak menempati posisi tersebut," jelas Henry seperti dilansir Daily Mail.

"Saya tidak menyalahkan Dalglish dan Steve Clarke, tapi saya pikir hal itu cukup menjelaskan pada seluruh penggemar Liverpool bahwa ada yang salah di tim ini dan harus segera dibereskan," imbuhnya.

Dalglish datang ke Anfield pada 19 Januari 2011 dengan masa kontrak tiga tahun. Akan tetapi, di musim perdananya ia hanya mampu mengantarkan Liverpool finis di urutan delapan kelasemen. Satu trofi Piala Carling juga tak cukup menghindarkan pelatih berusia 61 tahun itu dari pemecatan.