Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Capello Bakal Naturalisasi Pemain Asing Liga Rusia

By Yudhi F. Oktaviadhi - Kamis, 26 Juli 2012 | 23:47 WIB
Fabio Capello (Getty Images)

Manajer anyar tim nasional Rusia, Fabio Capello, akhirnya resmi diperkenalkan di hadapan publik pada Kamis (26/7). Pada penampilan perdananya, mantan manajer Inggris ini ternyata telah mengantongi beberapa terobosan demi mendongkrak prestasi tim Beruang Merah.

Fabio Capello mengaku bakal merombak kebijakan soal kepemilikan dua kewarganegaraan. Meningkatnya pesepak bola asing yang berlaga di Liga Rusia, bakal dimanfaatkan oleh Capello untuk menaturalisasi pemain tersebut agar secara hukum dapat membela timnas Rusia.

Ide Capello didasarkan atas prestasi sepak bola beberapa negara Eropa yang telah berhasil menjalankan sistem kewarganegaraan ganda ini.

"Kita tak boleh lupa bahwa tim seperti Jerman dan Italia memiliki pemain yang punya dua kewarganegaraan. Spanyol pun demikian, dan mereka terbukti mampu menjadi juara dunia," kata Capello seperti dilansir laman Skysports.

Pelatih berpaspor Italia ini tentu berharap terobosannya bakal dilegalkan oleh pemerintah Rusia. Maklum, dengan suntikan beberapa pemain asing, kekuatan skuad Rusia bakal lebih bervariasi. Apalagi Fabio Capello diserahi tugas yang tak mudah, kudu meloloskan Rusia ke Piala Dunia 2014.