Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Dortmund Sudah Tutup Pintu Bagi Pemain Baru

By Yudhi F. Oktaviadhi - Senin, 30 Juli 2012 | 03:47 WIB
Jurgen Klopp (Stuart Franklin/Getty Images)

Meskipun jendela transfer masih panjang, juara bertahan Bundesliga, Borussia Dortmund, telah memutuskan untuk tidak berburu pemain lagi. Hal tersebut disampaikan oleh sang pelatih, Jurgen Klopp.

Dortmund telah kehilangan pemain andalannya, Shinji Kagawa, yang hengkang ke Manchester United. Namun, Dortmund telah memboyong beberapa pemain muda berkualitas. Mereka adalah Marco Reus, Julian Schieber, Leonardo Bittencourt, dan Oliver Kirch.

Dengan kekuatan baru tersebut, Klopp merasa skuadnya sudah lengkap untuk mengarungi musim 2012/2013. Ia optimistis timnya akan mampu mempertahankan gelar juara musim depan.

"Apakah kami mempunyai rencana menambah pemain? Tidak,'' ujar pelatih berusia 45 tahun tersebut kepada Uefa.com.

"Kami akan menghadapi musim depan dengan kekuatan yang sudah ada. Kami akan mencoba mempertahankan juara dan lolos ke Liga Champion lagi musim depan'' tambahnya.

Meskipun optimistis akan mampu mempertahankan gelar, ia juga mewaspadai kekuatan klub pesaing Dortmund. Menurutnya, klub pesaing punya peluang untuk merebut gelar dari tangan Dortmund.

"Bayern Muenchen tetap akan menjadi favorit di Bundesliga. Shalke 04, Bayern Leverkusen, dan Stuttgart juga punya peluang untuk merebut gelar dari kami,'' pungkasnya.

Musim lalu Klopp sukses membawa Dortmund mendapatkan dua gelar. Selain mampu mempertahankan gelar juara Bundesliga, ia juga membawa klubnya menjadi merebut trophy DFB-Pokal.