Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kunci Keberhasilan Jose Mourinho Dibuka di UCLA

By Yudhi F. Oktaviadhi - Rabu, 1 Agustus 2012 | 13:46 WIB
Jose Mourinho (Angel Martinez/Getty Images)

Pelatih Real Madrid, Jose Mourinho, dianggap sebagai pelatih terbaik di dunia sepak bola saat ini. Dalam mencapai kesuksesannya, Mourinho mengaku menjalani beberapa cara penting untuk segala prestasi. Metode itu adalah kualitas, kesatuan, dan semangat tinggi.

Mourinho mengakui ia akan sulit untuk menjelaskan secara tepat kunci kesuksesannya. The Special One bahkan bergurau ia tidak mampu menjadi bos di rumah apa lagi untuk memimpin sebuah klub besar. Namun, prestasi Mourinho di liga domestik tiga negara berbeda serta dua trofi Liga Champion tentu bukan hal sepele.

"Saya bahkan bukan bos di rumah, melainkan istri saya. Jadi bagaimana mungkin seorang Mourinho mampu menjalankan klub?" canda mantan manajer Chelsea dalam pidatonya di University of California, Los Angeles (UCLA).

Mourinho mengatakan sangat bahagia jika apa yang telah ia rencanakan dapat berjalan mulus. Dengan begitu, segala tujuan akan mudah tercapai.

"Sulit untuk menjelaskan alasan keberhasilan saya dan tim. Kualitas, kesatuan, semangat, dan metode kerja itulah resepnya. Bukan hanya ada satu atau dua alasan tetapi ada banyak faktor dan mereka harus bekerja sama."

Setela raihan treble winner dengan Internazionale, Mourinho mengambil alih Real Mandrid pada musim panas 2010. Ia mampu mempersembahkan Copa del Rey di musim pertamanya dan berhasil merebut jawara La Liga musim 2011/12.