Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Patrick Kluivert Kembali ke Timnas Belanda

By Yudhi F. Oktaviadhi - Rabu, 1 Agustus 2012 | 19:36 WIB
Patrick Kluivert (Getty Images)

Masih ingatkah Anda dengan sosok Patrick Kluivert. Mantan penyerang Barcelona dan AC Milan itu kini kembali ke tim nasional Belanda. Eits, tapi kembalinya Kluivert dalam tim De Oranje bukan lagi sebagai pemain. Kluivert memiliki jabatan baru dalam staf pelatih timnas.

Penunjukan Louis van Gaal sebagai pelatih baru Belanda menggantikan Bert van Marwijk membuka jalan bagi Kluivert untuk kembali ke timnas. Dalam jajaran staf pelatih Van Gaal, Kluivert akhirnya dipercaya sebagai salah satu asisten pelatih. Situs AFP, Rabu (1/8) melansir, Kluivert akan berkerja sama dengan mantan pemain bertahan Balanda, Danny Blind, untuk posisi asisten Van Gaal.

Setelah pensiun dari sepak bola pada tahun 2007, Kluivert kemudian mengikuti kursus kepelatihan. Mantan penyerang Belanda yang kini berusia 36 tahun itu kemudian bergabung dalam staf pelatih AZ Alkmaar.

Karier kepelatihan Kluivert akhirnya diteruskan bersama klub Liga Australia Brisbane Roar. Pada Agustus 2010, pemilik 79 caps bersama Belanda itu menjadi asisten pelatih di NEC Breda sebelum akhirnya ke FC Twente. Kini karier Kluivert beranjak menjadi asisten pelatih tim nasional Belanda.