Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Mourinho: Madrid dan Barcelona Terbaik di Dunia

By Yudhi F. Oktaviadhi - Jumat, 3 Agustus 2012 | 10:18 WIB
Jose Mourinho (Michael Regan/Getty Images)

Jose Mourinho sesumbar dengan pernyataan bahwa setiap klub yang ada di dunia saat ini masih berada di belakang Real Madrid dan Barcelona. Ia menganggap Madrid dan Barcelona merupakan klub terbaik saat ini dan setiap klub lainnya akan menemui kesulitan besar untuk berada di depan mereka.

Jam terbang Mourinho di Spanyol memang lebih tinggi dibandingkan saat ia berada di Liga Premier. Mourinho dapat dikatakan sebagai salah satu pelatih tersukses dalam sejarah sepak bola dunia. Ia mampu memenangkan trofi di Portugal, Inggris, Italia, dan terakhir Spanyol.

Sebelumnya pada Desember tahun lalu, The Special One sempat mengutarakan keinginannya untuk kembali ke Liga Premier. Namun, kali ini ia malah mengatakan sepak bola Spanyol dengan La Liga adalah turnamen yang menawarkan bakat-bakat terbesar.

"Apa yang ingin saya katakan adalah bahwa setiap klub di dunia yang datang ke Spanyol, hanya akan menduduki peringkat tiga saja. Manchester City, Manchester United, dan Chelsea, lalu siapa lagi yang berminat? Mereka pasti finis di urutan ke tiga karena dua tim terbaik dunia berada di liga yang sama," kata Mourinho kepada ESPN.

Ia pun menambahkan persaingan antara Blaugrana dan Madrid juga menular kepada para pemainnya. Kali ini Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo yang saat ini sedang berlomba untuk mendapatkan penghargaan Ballon d'Or 2012.

Mourinho menegaskan anak asuhnya, Ronaldo, tentu lebih pantas mendapatkan penghargaan tertinggi tersebut. Ronaldo telah membantu Los Blancos untuk merebut tahta jawara La Liga sejak kedatangannya ke Santiago Bernabeu pada 2008.

"Menurut saya pemain terbaik musim ini harus dipilih dari klub pemenang. Ronaldo telah membantu Madrid untuk meraih juara La Liga dan saya tidak habis pikir jika namanya tidak menjadi salah satu pemain yang meraih Ballon d'Or. Tanpa memenangi Liga Champion atau La Liga, mana mungkin Messi dapat menang," lanjut Mourinho.

Mourinho yang saat ini masih berupaya untuk mendatangkan Luka Modric dari Tottenham Hotspur percaya penuh pada skuadnya.

"Tim ini benar-benar bertabur bakat luar biasa. Kami memiliki banyak solusi pemain. Apa yang saya miliki saat ini adalah modal sumber daya manusia yang luar biasa."