Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rodgers Minta Suarez Lupakan Kasus Rasisme

By Yudhi F. Oktaviadhi - Sabtu, 4 Agustus 2012 | 16:47 WIB
Luis Suarez (Michael Regan/Getty Images)

Manajer Liverpool, Brendan Rodgers, percaya Luis Suarez masih merasa diperlakukan tidak adil terkait kasus rasisme yang menimpanya pada musim lalu. Rodgers akhirnya meminta striker asal Uruguay itu untuk segera melupakan masalah tersebut agar bisa memberi yang terbaik untuk The Reds pada musim depan.

Suarez menerima hukuman larangan bertanding delapan laga dan denda sebesar 40 ribu pound atau sekitar 591 juta rupiah setelah dinyatakan bersalah melontarkan pernyataan rasis kepada bek Manchester United, Patrice Evra, di Anfield. Kontroversi semakin bertambah panas setelah Suarez terlihat menolak berjabat tangan dengan Evra ketika Liverpool dan United kembali bertemu di Old Trafford pada Februari.

Tak berhenti sampai di situ, Suarez kembali membuka masalah tersebut ketika melakukan wawancara dengan stasiun televisi Uruguay, pada bulan silam. Ia menyebut United memiliki kekuatan besar di Inggris dan menyalahkan Evra atas kegagalan melakukan jabat tangan.

Puncaknya, Suarez diejek dan dicemooh penonton ketika Uruguay kalah dari Inggris Raya di laga fase Grup Olimpiade London 2012 di Stadion Millenium, pada pekan ini. Namun, Rodgers melakukan pembelaan dengan menyatakan fan tim rival hanya melakukan hal tersebut karena Suarez adalah pemain hebat.

"Poin utama mengapa suporter lawan mengejek Suarez adalah karena dirinya merupakan striker hebat. Kalian tidak akan melihat pemain biasa-biasa saja diperlakukan seperti itu," kata Rodgers seperti dikutip dari Sky Sports.

"Luis mungkin masih merasa sedikit diperlakukan tidak adil mengenai kasus yang terjadi pada musim lalu. Namun, kami harus melupakan apa yang telah terjadi meski sangat sulit. Kami ingin memenangi semua pertandingan dan memberikan yang terbaik untuk Liverpool," lanjut Rodgers.

Setelah Uruguay tersingkir dari London 2012, maka Suarez akan segera kembali ke Anfield untuk bergabung dengan rekan-rekan yang lain. Rodgers sudah tak sabar untuk segera memainkan Suarez karena The Reds telah memulai musim ini lebih awal dengan tampil di kualifikasi ketiga Liga Europa.

"Saya tak sabar untuk segera bekerja sama dengan Luis. Apalagi level kebugaran dirinya sudah sangat baik karena telah bermain di pertandingan kompetitif. Ia akan langsung bergabung pada akhir pekan ini," pungkas Rodgers.