Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Almunia Beberkan Penyesalan Bergabung di Arsenal

By Yudhi F. Oktaviadhi - Minggu, 5 Agustus 2012 | 23:49 WIB
Manuel Almunia (Laurence Griffiths/Getty Images)

Manuel Almunia beralasan kepindahannya ke Arsenal pada 2004 dari klub Spayol, Celta Vigo, lantaran berpikir bakal menuai banyak prestasi dengan The Gunners. Akan tetapi, harapan penjaga gawang yang kini berstatus pemain Watford ini ternyata tak jua kesampaian.

Selama delapan tahun membela The Gunners, Almunia hanya sekali meraih gelar, yaitu saat klub yang diarsiteki Arsene Wenger ini menjuarai FA Cup pada 2005.

Menurut Almunia, minimnya prestasi The Gunners dilatar belakangi oleh keengganan pihak manajemen klub untuk berbelanja pemain. Tak hanya itu, pemain yang tampil sebanyak 109 kali bersama Arsenal ini menilai mantan klubnya tersebut terlalu sering melepas pemain-pemain bintangnya ke klub lain.

"Sebagai pemain Arsenal, sangat sulit ketika melihat pemain-pemain terbaik yang dimiliki The Gunners hijrah ke klub lain setiap tahunnya. Arsenal kehilangan banyak pemain hebat dalam beberapa musim belakangan," kata Almunia pada Sunday Mirror.

"Tahun pertama ketika saya datang ke Inggris, saya berpikir bakal memenangkan banyak gelar bersama Arsenal. Akan tetapi, perubahan terjadi. Skuad Arsenal terus berubah setiap tahunnya," tambahnya.

Akan tetapi, jelang bergulirnya musim 2012/13, Almunia optimistis performa Arsenal bakal meningkat. Pasalnya, kedatangan pemain-pemain baru seperti Olivier Giroud, Lukas Podolski, dan Santi Cazorla akan menambah kuat skuad Arsene Wenger.

"Tahun ini adalah waktu bagi Arsenal. Mereka telah mendatangkan beberapa pemain bagus tahun ini, terutama Santi Cazorla yang bermain fantastis," tutur Manuel Almunia.