Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Alasan Bonucci Tak Ajukan Negosiasi Hukuman

By Yudhi F. Oktaviadhi - Selasa, 7 Agustus 2012 | 01:00 WIB
Leonardo Bonucci (Getty Images)

Bek Juventus, Leonardo Bonucci, menganggap dirinya tak terlibat kasus scommessopoli. Karena alasan itu iapun tak mengajukan permohonan negosiasi hukuman .

Bonucci saat ini harus menjalani proses pengadilan setelah ia diduga terlibat dalam kasus pengaturan pertandingan saat masih merumput di Bari pada musim 2009/10. Atas tuduhan itu, iapun dituntut dengan hukuman larangan bermain selama tiga setengah tahun.

Karena tuntutan hukuman berat yang ditujukan padanya itu, banyak orang memprediksi Bonucci akan mengajukan negosiasi hukuman. Namun, Bonucci malah tak melakukannya dan memilih jalur pengadilan normal untuk membuktikan ia tak bersalah.

"Penuntut menawarkan opsi untuk meringankan tuntutan dari terlibat menjadi tidak melapor adanya pengaturan pertandingan, tetapi hanya jika ada fakta baru yang akan ia akui," kata pengacara Bonucci, Giampietro Bianchi, di Tuttosport.

"Bonucci tak melakukan apapun, jadi apa yang harus kami akui? Memang benar ada resiko kasus ini juga akan dibawa ke pengadilan sipil, tapi dengan alasan apapun ia tidak akan mengakui sesuatu yang tidak benar. Ini adalah keputusan moral," pungkas Bianchi.

Bonucci, melalui pengacara, telah mengajukan keberatan atas tuntutan yang diajukan padanya pada Sabtu (4/8). Ketika itu ia menyatakan ada ada inkonsistensi dan kontradiksi dalam bukti pengakuan yang dijadikan rujukan dalam kasus yang menimpanya itu.