Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Sorensen Tinggalkan Timnas Denmark

By Yudhi F. Oktaviadhi - Selasa, 7 Agustus 2012 | 20:48 WIB
Thomas Sorensen (Getty Images)

Keputusan mundur dari tim nasional Denmark telah dibuat oleh Thomas Sorensen. Penjaga gawang berusia 36 tahun itu akhirnya pensiun dari timnas setelah mengoleksi 101 caps.

"Sungguh keputusan yang berat saya harus lakukan. Tim nasional merupakan tujuan utamaku ketika saya masih muda. Tim nasional tetap menjadi bagian besar dalam hidupku," ucap Sorensen kepada Reuters, Selasa (7/8).

Sorensen tidak bisa melawan kondisi tubuhnya. Ia tidak lagi fit di penghujung kariernya. "Saya telah berusia 36 tahun dan saya butuh tenaga tambahan untuk berlaga di level internasional," ucap pemain kelahiran Fredericia itu.

Sorensen menjadi penjaga gawang utama Denmark setelah kiper legendaris, Peter Schmeichel mengundurkan diri pada tahun 2002. Sorensen mulai menikmati skuad inti Denmark saat tampil di kualifikasi Piala Dunia 2002.

Kiper yang kini memperkuat Stoke City itu juga menjadi penjaga gawang utama Denmark di Piala Dunia 2002 dan 2010 serta Piala Eropa 2004. Sayangnya, akibat mengalami cedera punggung, Sorensen gagal tampil di Euro 2012.