Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Jose Mourinho Siap Lepas Kaka Demi Modric

By Yudhi F. Oktaviadhi - Kamis, 9 Agustus 2012 | 19:18 WIB
Kaka (David Ramos/Getty Images)

Entrenador Real Madrid, Jose Mourinho, menyatakan Kaka bisa meninggalkan Santiago Bernabeu pada bursa transfer musim panas. Meski demikian, The Special One hanya akan melepas gelandang asal Brasil itu dengan harga yang pantas.

Kaka bermain gemilang dengan memberi dua assist untuk membantu Madri menang telak 5-1 atas mantan timnya, AC Milan, di laga uji coba pra-musim, pada Kamis (9/8). Performa tersebut ternyata tidak serta merta menghapus berita kepergian Kaka dari ibu kota Spanyol.

Kaka memang hanya menjadi pilihan ketiga Mourinho setelah Angel di Maria dan Mesut Ozil di lini tengah Los Merengues. Ditambah kemungkinan kedatangan Luka Modric, maka mantan Pemain Terbaik Dunia itu menjadi semakin tidak dibutuhkan pada musim depan.

"Jika Kaka bertahan, maka saya akan senang. Begitu pula sebaliknya, saya juga akan merasa senang jika ia ingin pergi. Dalam sepak bola merupakan hal normal jika seorang pemain ingin merumput di tempat yang mereka sukai," kata Mourinho kepada AS.

"Kaka adalah pemain hebat yang siap kembali ke level permainan terbaik. Jika memutuskan tinggal, maka itu akan sangat sempurna bagi kami. Jika ia pergi, itu juga sangat baik namun kami tidak akan melepasnya secara gratis. Klub peminat harus membayar dengan harga yang pantas," lanjut Mourinho.

Mourinho mengaku senang bisa menang besar atas Milan yang merupakan salah satu kekuatan besar di Eropa. Meski demikian, pria asal Portugal itu mengkritik jadwal laga persahabatan Internasional pada tengah pekan depan, yang hanya berselang beberapa hari sebelum La Liga dimulai pada 18 Agustus.

"Laga melawan Milan sangat baik bagi persiapan pra-musim kami. Namun, para pemain harus membela negara masing-masing pada Senin dan baru kembali Kamis. Semoga manajer tim nasional bisa bekerja sama dengan klub. Semua ini serba sulit, namun kami harus menerimanya," pungkas Mourinho.