Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Jack Butland Berpeluang Menjadi Starter

By Yudhi F. Oktaviadhi - Senin, 13 Agustus 2012 | 18:26 WIB
Jack Butland (Julian Finney/Getty Images)

Skuad Inggris telah memulai persiapan untuk menghadapi laga persahabatan melawan Italia, Rabu (15/8). Manajer Three Lions, Roy Hodgson, dikabarkan sedang mempertimbangkan untuk memberi debut tim nasional senior kepada kiper belia, Jack Butland.

Nama Butland mulai mencuat ketika masuk skuad Inggris untuk Euro 2012 menggantikan John Ruddy yang mengalami cedera. Pemanggilan kiper berusia 19 tahun itu cukup mengejutkan karena hanya bermain bersama Cheltenham di League Two, pada musim lalu.

Meski hanya menjadi kiper ketiga dan tidak pernah bermain di Ukraina-Polandia, Butland berhasil membuat staf pelatih Inggris terkesan. Hasilnya ia dipercaya mengawal gawang Inggris Raya di Olimpiade London 2012 dan kembali tampil memuaskan.

Kini Butland kembali disiapkan sebagai kiper ketiga untuk laga melawan Italia. Ia bahkan berkesempatan untuk menjadi kiper utama di pertandingan tersebut setelah Joe Hart mengalami cedera punggung dan Hodgson tidak memanggil pemain pengganti.

Butland ternyata belum mau memikirkan peluang tersebut. Ia merasa masih terlalu muda dan belum pantas bersaing dengan kiper sekaliber Joe Hart.

"Saya masih berusia 19 tahun dan masih butuh banyak pengalaman bertanding di level tertinggi. Saya tidak pernah berpikir menggeser posisi Joe yang notabene salah satu kiper terbaik di dunia saat ini," kata Butland kepada Press Association Sport.

Sementara itu, rekan Butland di tim Inggris Raya, Daniel Strurridge, dipastikan absen. Pemain Chelsea itu mengalami cedera jari kaki ketika tampil di ajang Community Shield, pada Minggu (12/8).