Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Portsmouth Berada di Ambang Kebangkrutan

By Lilianto Apriadi - Rabu, 15 Agustus 2012 | 18:14 WIB
Markas Portsmouth, Fratton Park. (Bryn Lennon/Getty Images)

Malang benar nasib mantan juara Piala FA 2008, Portsmouth. Klub yang kini berkompetisi di League One tersebut sedang berada di ambang kebangkrutan setelah calon pembeli, Balu Chainrai, batal menawar klub yang bermarkas di Fratton Park itu.

Pihak administrator yang kini menjalankan Portsmouth terus berusaha mencari calon investor demi menyelamatkan klub. Selain melakukan pembicaraan serius dengan Chainrai, mereka juga telah melepas pemain bergaji mahal seperti Tal Ben Haim dan Nwankwo Kanu, untuk memuluskan negosiasi.

Namun, secara tiba-tiba pihak Chainrai menarik kembali penawaran untuk membeli Pompey. Pebisnis asal Hong Kong itu merasa pihak administrator yang dipimpin oleh Trevor Birch sulit diajak untuk bekerja sama selama proses negosiasi sedang berlangsung.

"Dengan sangat menyesal kami mengumumkan bahwa Portpin Ltd. menarik kembali penawaran untuk membeli Portsmouth Football Club. Keinginan kami untuk menyelamatkan klub dari kebangkrutin selalu menemui rintangan serta kurangnya kerja sama dari administrator dan pihak berwenang lain," sebut pernyataan dari pihak Chainrai kepada Sky Sports News.

"Kami terus mendorong pihak administrator untuk menemukan calon pembeli baru yang mampu dan ingin mengambil alih klub, meski mereka selalu gagal menepati janji! Kami akan menyambut dan membantu siapa saja, termasuk suporter, yang ingin mencoba menyelamatkan klub dalam beberapa hari mendatang," lanjut pernyataan tersebut.

Permasalahan non-teknis jelas memengaruhi prestasi Portsmouth di dalam lapangan. Bahkan, manajer Michael Appleton terpaksa menurunkan sembilan pemain muda dan pelatih tim utama, Ashley Westwood, ketika kalah 0-3 dari Plymouth di ajang Piala Liga, pada Selasa (14/8).