Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Fabrice Muamba Pensiun dari Sepak Bola

By Andi Yanianto - Rabu, 15 Agustus 2012 | 20:05 WIB
Fabrice Muamba (Michael Regan/Getty Images)

Pemain Bolton Wanderers, Fabrice Muamba, mengumumkan secara resmi pensiun dari sepak bola profesional, pada Rabu (15/8). Keputusan gantung sepatu tersebut tak lepas dari serangan jantung yang menimpa lima bulan silam.

Jantung Muamba sempat terhenti ketika kolaps pada menit ke-78 dalam sebuah laga Piala FA melawan Tottenham Hotspur di White Hart Lane pada 17 Maret. Tim medis kedua tim kemudian berusaha keras untuk membantu Muamba agar tetap bernapas.

Muamba terpaksa menjalani perawatan intensif selama satu bulan di rumah sakit dan secara mengejutkan bisa pulih dengan cepat. Ia kemudian melakukan operasi lanjutan di Belgia pada pekan silam untuk menjaga asa kembali ke lapangan hijau.

Namun, harapan tersebut harus musnah setelah tim dokter menyatakan terlalu berisiko bagi Muamba kembali bermain di level tertinggi sepak bola. Menurut The Sun, Muamba merasa sangat kecewa dengan keputusan itu namun tetap menerima dengan lapang dada.

Muamba kemudian berterima kasih kepada tim medis dan semua orang yang telah mendukung selama ini. Ia juga terus berusaha untuk tetap berpikir positif.

"Semua Orang Harus Tetap Tersenyum", kicau Muamba di akun twitter pribadinya sebelum mengumumkan pensiun.

Muamba merupakan warga keturunan Republik Demokratik Kongo yang meminta suaka di Inggris akibat perang. Ia bergabung dengan akademi Arsenal pada 2002 sebelum pindah ke Birmingham dan berlabuh di Bolton pada 2008.