Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tanpa Conte, Lippi Anggap Juve Tetap Kuat

By Arnoldi - Rabu, 15 Agustus 2012 | 23:58 WIB
Marcelo Lippi (Getty Images)

Juventus akan bermain tanpa keberadaan Antonio Conte di pinggir lapangan selama 10 bulan pada musim 2012/13 karena skandal pengaturan pertandingan. Meski demikian, Marcelo Lippi percaya Bianconeri tetap akan tampil baik walau tanpa keberadaan sang pelatih.

Conte dihukum larangan berada di pinggir lapangan selama 10 bulan setelah ia diputus bersalah terlibat secara tidak langsung dalam pengaturan pertandingan untuk judi saat masih melatih Siena. Dalam hal ini, ia dianggap tak melapor ketika tahu ada pengaturan pertandingan.

Atas putusan tersebut, manajemen Juventus pun berusaha mengajukan banding. Walau demkian, tetap saja ada kemungkinan Bianconeri berlaga tanpa keberadaan Conte di beberapa laga awal laga mereka musim depan.

Menanggapi absennya Conte itu, Lippi mengaku tak yakin seberapa berpengaruhnya hal tersebut pada performa Juventus. Pasalnya, banyak aspek yang dapat menentukan keberhasilan sebuah tim.

"Saya tak tahu seberapa berpengaruh absennya Conte. Pekerjaan sebenarnya dilakukan seminggu sebelum laga. Setelah itu baru seberapa baik seorang pelatih mentranmisikan taktiknya ke pemain dari pinggir lapangan," kata Lippi memprediksi pengaruh tak adanya Conte di ESPN Star.

Meski demikian, Lippi percaya Juventus mampu bertahan tanpa Conte. Salah satu alasannya karena skuad Bianconeri saat ini dipenuhi dengan banyak pemain hebat.

"Andrea Pirlo akan mengulangi kegemilangannya musim lalu karena dia adalah tipe pemain yang tak pernah tua. Arturo Vidal mengingatkan saya pada Edgar Davids. Sementara itu saya akan sangat senang bisa melatih Sebastian Giovinco. Ia adalah pemain jenius," simpul Lippi.