Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kritik Pedas Cruyff Untuk Mourinho

By Yudhi F. Oktaviadhi - Kamis, 23 Agustus 2012 | 10:01 WIB
Johan Cruyff (Chivas/CON/Getty Images)

Kemampuan Jose Mourinho sebagai pelatih tentu tidak dapat diragukan lagi. Dia berhasil memenangi empat gelar liga di empat negara berbeda. Namun, menurut mantan bintang Barcelona, Johan Cruyff, Mourinho tidak memiliki kemampuan baik sebagai pemain.

Cruyff memberi kritikan pedas kepada Mourinho sebelum mengungkapkan keraguannya terhadap kinerja Tito Vilanova. Mantan pemain Barcelona di era 70-an ini mengatakan Mourinho adalah salah satu sosok pesepakbola yang gagal.

Kritikan pedas Cruyff terlontar setelah sebelumnya Mourinho menyatakan dirinya sebagai The Only One.

"Tidak ada yang dibanggakan oleh Mourinho sebagai pemain tetapi sekarang dia telah melakukan sesuatu. Dia memang the only one karena hanya dialah yang cukup gila untuk mengatakan hal seperti itu.," kata Cruyff kepada AS.

Cruyff juga menyerang kebijakan presiden klub, Sandro Rosell. Selain itu, pria yang kini melatih klub Catalonia tersebut juga menegaskan bahwa Vilonava harus membuktikan kemampuan terbaiknya.

"Filosofi terbaik dalam sepak bola adalah menciptakan pemain hebat, bukan membelinya. Dalam hal tersebut, saya dan Rosell tidak memiliki pemikiran yang sejalan. Saya percaya dia tidak mengerti gagasan bahwa Barcelona lebih dari sebuah klub sepak bola," ungkap Cruyff.

"Sementara Vilanova harus membuktikan kemampuan dalam keadaan sulit. Kita tentu harus melihat kinerjanya lebih dulu sebelum menarik kesimpulan akan dirinya. Bekerja di belakang Guardiola sangat berbeda ketika dia harus memiliki tanggung jawab lebih besar," tambah mantan pemain tim nasional Belanda ini.