Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Mourinho Serang Balik Cruyff

By Yudhi F. Oktaviadhi - Minggu, 26 Agustus 2012 | 15:39 WIB
Jose Mourinho (Pedro Armestre/Getty Images)

Perang mulut antara Johan Cruyff dan Jose Mourinho, ternyata masih terus berlanjut. Mourinho tidak terima karena dibilang sebagai orang yang tidak pernah berhasil sebagai pesepak bola.

Beberapa hari yang lalu, legenda Barcelona, Johan Cruyff sempat menyindir pelatih Real Madrid, Jose Mourinho. Tidak terima dengan perkataan yang dilontarkan oleh Cruyff, sang entrenador Los Blancos ini membalas perkataan pria asal Belanda tersebut yang berbunyi, “Filosofi terbaik klub itu adalah menciptakan pemain, bukan membeli pemain,” Cruyff mengungkapkan kritik pedasnya.

Sindiran tersebut jelas membuat panas kuping Mourinho. Pelatih asal Portugal ini menyerang balik Cruyff dengan mengomentari tim Barca di era 90-an.

“Apakah saya ingin memiliki banyak pemain binaan seperti Barcelona?”  tanya Mourinho dengan nada tinggi seperti diberitakan Australian FourFourTwo.

“Semakin banyak memiliki pemain muda di tim memang semakin baik. Semakin banyak pemain dari akademi juga semakin baik.”

“Tapi saya ingin tahu bagaimana Anda menjawab pertanyaan ini. Suatu hari, klub raksasa Eropa telah memenangi banyak gelar, apakah Ronald Koeman, Hristo Stoichkov, Romario, dan Michael Laudrup adalah pemain binaan mereka sendiri?,” tegas pelatih berusia 49 tahun tersebut.

Mourinho memang tidak sukses sebagai pemain jika dibandingkan dengan Cruyff, namun kariernya cemerlang ketika menjadi pelatih.