Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kartu Merah Pertama Untuk Vilanova

By Yudhi F. Oktaviadhi - Senin, 27 Agustus 2012 | 15:24 WIB
Vilanova harus diusir oleh wasit pada menit ke-71 (David Ramos/Getty Images)

Pelatih Barcelona, Tito Vilanova, mempertanyakan keputusan wasit setelah wasit memberikan kartu merah padanya. Vilanova membantah telah melakukan kesalahan fatal sehingga membuat dirinya tidak terima jika di usir dari lapangan.

Dalam pertandingan semalam di Pamplona, Barcelona berhasil memetik kemenangan dengan skor akhir 2-1 atas tim tuan rumah, Osasuna. Dua gol yang dicetak Barca berasal dari tendangan Lionel Messi.

Namun, laga tersebut harus tercoreng akibat pelatih Barcelona, Tito Vilanova, mendapatkan kartu merah pada menit ke-71. Sang pelatih diusir setelah mempertanyakan kepada hakim garis mengenai keputusan wasit yang tidak memberikan pernyataan telah terjadi pelanggaran kepada Busquets.

“Tentang pengusiran saya, itu karena saya hanya berkata kepada hakim garis bahwa ada pemain yang berbuat kesalahan. Kesalahan tersebut benar-benar jelas. Hakim garis mengatakan kepada saya untuk tidak protes, dan saya memang tidak protes. Saya hanya mengatakan bahwa itu adalah salah,” terang Vilanova kepada wartawan.

Estadio El Sadar memang menjadi tempat yang menyulitkan bagi tim Catalan tersebut. Butuh sampai menit ke-75 untuk Messi bisa melesakkan gol penyama kedudukan dan menit ke-79 untuk membalikkan skor kemenangan.