Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Cech Terinspirasi oleh Buffon dan Casillas

By Roby Rizky Akhmad - Selasa, 28 Agustus 2012 | 15:50 WIB
Petr Cech (Leon Neal)

Kiper Chelsea, Petr Cech, mengungkapkan kekagumannya terhadap sesama penjaga gawang, Gianluigi Buffon dan Iker Casillas. Ia menilai bahwa kedua orang tersebut mampu dijadikan contoh dan inpirasi bagi para kiper di seluruh dunia.

Pemain asal Ceko ini memainkan peran penting dalam membantu kemenangan timnya meraih gelar Liga Champions pada musim lalu dan beberapa gelar lainnya untuk Chelsea. Namun ia merasa rendah diri dan menganggap kiper berpengalaman Juventus dan Real Madrid telah memberinya inspirasi.

“Saya sangat mengagumi Buffon dan Casillas. Mereka telah melakukan kinerja yang konsisten selama lebih dari 10 tahun, baik untuk klub maupun negaranya. Itulah sebabnya mereka menjadi kiper terbaik di dunia,” kata Cech kepada UEFA.com.

“Oliver Kahn, Peter Schmeichel, dan Edwin van der Sar, telah mengilhami saya pada awal karier. Masing-masing memiliki sesuatu yang inspiratif, karena mereka semua memiliki karakter yang berbeda.”

“Kemudian muncul Buffon dan mengubah segalanya. Juga Casillas yang memiliki pribadi sangat menarik. Ia mulai bermain untuk Real Madrid sejak usia muda. Sehingga itulah yang menjadikan tantangan bagi saya untuk bisa berkarier seperti mereka,” tambah kiper berusia 30 tahun ini.

Cech telah membuat lebih dari 250 penampilan untuk Chelsea sejak bergabung pada tahun 2004.