Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Lakers Istirahatkan Nomor Punggung O'Neal

By Yudhi F. Oktaviadhi - Sabtu, 1 September 2012 | 10:45 WIB
Shaquille O'Neal (Getty Images)

Los Angeles Lakers berencana mengistirahatkan nomor punggung yang pernah digunakan mantan pemainnya, Shaquille O'Neal. Center legendaris berjuluk Big Shaq itu menjadi pemain kedelapan yang masuk dalam Hall of Fame Lakers.

Menurut lansiran Orange County Register, Lakers akan mengabadikan kostum bernomor punggung 34 milik Shaquille O'Neal di Staples Center pada 2 April mendatang. Acara tersebut bertepatan dengan bigmatch antara Lakers versus Dallas Mavericks.

Sebenarnya Lakers sudah berencana mengabadikan nomor punggung ONeal sejak musim 2011/12. Sayangnya, jadwal menjadi terkendala karena NBA sempat dihantam lockout (pemogokan).

Kostum O'Neal akan bersanding dengan sederet legenda Lakers yang nomor punggungnya sudah terlebih dahulu diabadikan. Mereka adalah Magic Johnson (32), Elgin Baylor (22), Wilt Chamberlain (13), Kareem Abdul-Jabbar (33), Elgin Baylor (22), Gail Goodrich (25), Jerry West (44), dan James Worthy (42).

O'Neal menjadi ikon NBA sejak berlabuh ke Lakers pada 1996. Duet mautnya bersama Kobe Bryant sukses menghasilkan tiga cincin juara NBA (2000, 2001, dan 2003). Setelah hengkang dari Staples Center di tahun 2004 dan melanjutkan karier di empat tim yang berbeda, akhirnya ia menyatakan pensiun pada 1 Juni 2011.

Usai pensiun pun, O'Neal tak berhenti membuat pemberitaan. Lelaki yang kini berprofesi sebagai komentator NBA itu sempat dikabarkan terlibat dalam kasus kekerasan dan penculikan, tapi akhirnya bisa bebas karena pihak polisi tidak menemukan bukti otentik.

<object width="425" height="350" data="https://www.youtube.com/v/ui53VtVBF3M" type="application/x-shockwave-flash"> </object>