Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Berkat Hattrick Van Persie, United Tidak Kalah

By Wisnu Nova Wistowo - Senin, 3 September 2012 | 00:32 WIB
Robin van Persie (Getty Images)

Tidak salah Manchester United mendatangkan Robin van Persie ke Old Trafford musim ini. Berkat torehan tiga golnya Setan Merah terhindar dari kekalahan saat menyambangi markas Southampton, Ahad (2/9) malam WIB.

Van Persie tidak butuh waktu lama untuk bisa beradaptasi dengan klub barunya, United. Selain itu eks bintang Arsenal ini juga langsung membuktikan diri sanggup menjadi pemain terpenting di skuad Sir Alex Ferguson.

Pada pekan kedua Van Persie sudah mampu mencetak salah satu gol kemenangan The Red Devils atas Fulham. Kini, ia menjadi pahlawan kemenangan United atas Southampton dengan mencetak hattrick.

Nemanja Vidic cs. hampir saja pulang dari Stadion Saint Mary dengan kepala tertunduk. Untungnya berkat ketajaman Van Persie United berhasil membalikkan keadaan di lima menit terakhir pertandingan.

Southamptom, tim yang berstatus promosi mampu memberikan perlawanan besar terhadap klub raksasa Premier League tersebut di sepanjang pertandingan. Rickie Lambert membuka keunggulan pada menit ke-16 sebelum Van persie menyamakan skor pada menit ke-23.

Hasil imbang 1-1 bertahan hingga babak pertama berakhir. Akan tetapi, pada menit ke-55 Morgan Schneiderlin kembali mengubah papan skor menjadi 2-1 berkat golnya dan menjadikan United berada di bawah tekanan.

Situasi tersebut menimbulkan reaksi dari Sir Alex Ferguson dengan melakukan pergantian pemain dengan memasukkan tiga pemain bernaluri menyerang, yakni Nani, Paul Scholes, dan Javier Hernandez.

Perubahan tersebut berdampak baik karena pada meit ke-69 United mendapatkan tendangan penalti. Sayangnya Van Persie gagal memaksimalkannya.

Akan tetapi, bomber asal tim nasional Belanda ini menjawab kegagalan itu dengan mencetak dua gol larut pada menit ke-87 dan 90+2. Alhasil, Man United pulang dengan kemenangan di tangan. Hasil ini tentu mendatangkan senyuman bagi Sir Alex karena laga tersebut adalah pertandingan ke-1000 manajer asal Skotlandia itu.

*****
Susunan pemain

Southampton: 1-Kelvin Davis; 2-Nathaniel Clyne, 6-JOse Fonte, 5-Jos Hooiveld, 13-Daniel Fox; 16-James Ward-Prowse, 4-Morgan Schneiderlin, 8-Steven Davis, 42-Jason Puncheon (24-Emmanuel Mayuka 75), 20-Adam Lallana (9-Jay Rodriguez 79); 7-Rickie Lambert (21-Guly 75).

Man. United: 13-Anders Lindegaard; 21-Rafael da Silva, 5-Rio Ferdinand, 15-Nemanja Vidic, 3-Patrice Evra; 7-Antonio Valencia, 16-Michael Carrick, 23-Tom Cleverley (22-Paul Scholes 61), 26-Shinji Kagawa (17-Luis Nani 61); 19-Danny Welbeck (14-Javier Hernandez 71), 20-Robin van Persie.