Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Roma Permalukan Inter di Giuseppe Meazza

By Arnoldi - Senin, 3 September 2012 | 03:54 WIB
Pemain AS Roma merayakan kemenangan mereka. (Getty Images)

1 di Giuseppe Meazza, Senin (3/9) dini hari WIB.

Masuknya Zdenek Zeman menggantikan Luis Enrique tak bisa dibantahkan lagi membawa perubahan di kubu AS Roma. Jika di era Enrique Roma menerapkan permainan gaya Barcelona, maka di bawah Zeman I Lupi bermain layaknya klub-klub Inggris, kick and rush.

Hal itu mereka perlihatkan saat menghadapi Inter di Giuseppe Meazza. Dengan tempo permainan cepat, mereka membuat Inter kewalahan. Bahkan I Lupi sukses unggul lebih dulu pada menit ke-15 lewat sundulan Alessandro Florenzi di depan gawang Inter memanfaatkan umpan silang Francesco Totti.

Sayang, keunggulan Roma itu tak bertahan lama. Di penghujung babak pertama, Antonio Cassano berhasil menyamakan kedudukan dengan sepakan kerasnya yang gagal diblok dengan baik oleh pemain bertahan Roma. Skor 1-1 bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, Roma tetap tak mengendurkan serangannya. Bahkan Roma beberapa kali mengancam pertahanan Inter, yang salah satu ancaman itu berbuah gol pada menit ke-67.

Berawal dari serangan balik cepat, Totti melepaskan umpan trobosan yang sukses diterima dengan baik Pablo Daniel Osvaldo. Lolos dari perangkap off-side pemain bertahan Inter, Osvaldo pun tak kesulitan men-cip bola melewati Luca Castellazzi. Skor berubah 2-1 untuk keunggulan Roma.

Selepas gol Osvaldo, Roma menurunkan tempo permainannya. Namun, mereka tetap berbahaya saat melakukan serangan balik. Hal itu terbukti pada menit ke-80. Sebuah umpan lambung Osvaldo berhasil dikonfersi menjadi gol oleh Marco Antonio de Mattos Filho lewat sepakannya dari sudut sempit.

Roma sempat harus bermain dengan sepuluh orang usai Osvaldo mendapat kartu kuning keduanya di laga tersebut pada menit ke-90. Untungnya, I Lupi berhasil menjaga keunggulan 3-1 mereka hingga peluit panjang berbunyi.

Susunan Pemain:
Internazionale:
Castellazzi; Zanetti, Silvestre, Ranocchia, Nagatomo; Guarin, Gargano (Coutinho 76), Pereira (Cambiasso 66); Sneijder; Cassano (Palacio 50), Milito

Roma: Stekelenburg; Piris, Burdisso, Castan, Balzaretti (Taddei 56); Florenzi, Tachtsidis, De Rossi (Marquinho 32); Destro (Lamela 69), Osvaldo, Totti