Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Jerome D'Ambrosio Gantikan Grosjean di Monza

By Oka Akhsan M. - Rabu, 5 September 2012 | 02:01 WIB
Jerome d'Ambrosio (Mark Thompson/Getty Images)

Jerome d'Ambrosio berpeluang menjadi pebalap Belgia pertama yang meraih poin di ajang Formula Satu dalam 20 tahun terakhir. Hal tersebut bisa terwujud setelah D'Ambrosio ditunjuk untuk menggantikan pebalap utama Lotus, Romain Grosjean, di Grand Prix Italia, pada Minggu (9/9).

Grosjean mendapat hukuman larangan mengikuti satu balapan setelah menjadi penyebab kecelakaan yang melibatkan pemimpin klasemen umum sementara, Fernando Alonso, di tikungan pertama balapan GP Belgia di Sirkuit Spa-Francorchamps, pada Minggu (2/9).

Hukuman yang menimpa Grosjean ternyata menjad berkah bagi D'Ambrosio. Pebalap cadangan resmi Lotus itu dipastikan akan menjadi pasangan Kimi Raikkonen di Monza.

"Saya sebenarnya masih berharap bisa kembali meraih satu kursi di tim Formula Satu pada 2012. Jadi, saya akan memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Saya siap membalas kepercayaan tim dengan meraih poin saat balapan," kata D'Ambrosio seperti dikutip dari Reuters.

D'Ambrosio juga berpeluang menjadi pebalap Belgia pertama yang meraih poin di Formula Satu setelah Thierry Boutsen. Boutsen yang kala itu membalap untuk tim Ligier berhasil finis kelima di GP Australia di Adelaide pada November 1992.

Peluang D'Ambrosio semakin besar karena Lotus merupakan salah satu tim terkuat pada musim ini. Pasalnya, mereka hingga saat ini masih berada di posisi ketiga klasemen konstruktor di bawah Red Bull dan McLaren dengan koleksi 207 poin.