Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

PSSI Tak akan Beri Sanksi Tibo dan Wanggai

By Yudhi F. Oktaviadhi - Kamis, 6 September 2012 | 17:37 WIB
Bernhard Limbong (Bolanews)

Ketua Komisi Displin PSSI sekaligus Penanggung Jawab Timnas, Bernhard Limbong, mengatakan bahwa pihaknya tak akan menjatuhkan sanksi kepada Titus Bonai dan Patrich Wanggai. Seperti diketahui, kedua pemain itu belum juga kembali ke pemusatan latihan timnas Indonesia di bawah asuhan Nilmaizar.

"Mengurusi mereka memang tidak gampang. Masalah yang dihadapai Tibo atau Wanggai, saya pikir juga sangat rumit karena masalah keluarga. Contohnya Wanggai, kemarin keluarganya ada yang meninggal. Ia juga saat ini sedang mengurusi rencana menikah," kata Limbong dalam jumpa pers di Kantor PSSI, Senayan, Jakarta, Kamis (6/9). "Namun mereka sudah menyatakan komitmen untuk kembali ke timnas."

Meski begitu, Limbong sendiri mengaku tak ingin berdiam diri menanggapi kenyataan bahwa trio Papua belum juga kembali ke timnas. Untuk menghindari terjadinya kecemburuan di tengah-tengah para penggawa timnas, Limbong mengatakan akan memberi pemahaman kepada pemain lainnya.

"Kami menyadari para pemain lain sudah sungguh-sungguh dan terus melakukan latihan. Karena itu, sebelum ada kecemburuan kami akan komunikasikan kepada pemain sekaligus memberi pemahaman. Mudah-mudahan itu bisa menghindari kecemburuan di tengah penggawa timnas. Kami sendiri tak ada maksud untuk mendewakan dua pemain Papua itu," jelas Limbong.

Sejak pemusatan latihan timnas tahap kedua digelar pada 25 Agustus 2012, trio Papua itu memang belum juga bergabung. Padahal pada 28 Agustus mereka sempat ikut dalam partai amal bertajuk "Tour of Hope Brazil 2012", melawan mantan pemain Brasil di Stadion Kaharuddin Nasution, Riau.