Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Azarenka dan Sharapova Lolos ke WTA Championship

By Yudhi F. Oktaviadhi - Jumat, 7 September 2012 | 02:28 WIB
Maria Sharapova (Chris Trotman/Getty Images)

satunya pasangan ganda yang telah memastikan lolos adalah ganda putri asal Italia, Sara Errani dan Roberta Vinci.

WTA Championship merupakan turnamen akhir tahun yang menggunakan sistem round-robin serta diikuti delapan pemain tunggal dan empat pasangan ganda terbaik. Turnamen yang tahun ini digelar di Istanbul itu akan memperebutkan hadiah uang sebesar 4,9 juta dolar atau sekitar 46 miliar rupiah.

"Maria dan Victoria telah menjalani musim yang sangat hebat dengan memenangi gelar Grand Slam, menduduki peringkat satu WTA, serta meraih medali di Olimpiade. Sementara itu, Sara dan Roberta merupakan pasangan ganda terbaik tahun ini dengan merebut tujuh titel juara termasuk Grand Slam Prancis Terbuka," kata Chairman dan CEO WTA, Stacey Allaster, seperti dikutip dari Sports Illustrated.

Jika menyesuaikan dengan peringkat WTA terbaru, maka petenis yang akan ambil bagian di Istanbul adalah Azarenka, Sharapova, Serena Williams, Agnieszka Radwanska, juara bertahan Petra Kvitova, Angelique Kerber, Sara Errani, dan Li Na. Sedangkan Samantha Stosur dan Mario Bartoli masuk daftar tunggu jika salah satu dari delapan nama di atas mengalami cedera.

Peringkat WTA tersebut masih bisa berubah mengingat masih ada tiga turnamen level Premier di Beijing, Tokyo, dan Moskow, di kalender akhir tahun. Gelaran WTA Championship 2012 juga berpeluang menjadi turnamen pertama sejak 2007 di mana unggulan pertama berstatus sebagai juara bertahan Grand Slam.