Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

PSSI Siap Pertimbangkan Keluar dari KONI

By Yudhi F. Oktaviadhi - Senin, 10 September 2012 | 19:19 WIB

PSSI punya rencana yang mengejutkan. Seperti yang dikatakan Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husin, PSSI tengah mengaji untuk keluar dari keanggotaan KONI.

"Untuk saat ini, kami sedang mengkaji untuk itu," kata Djohar dalam jumpa pers di Kantor PSSI, Senayan, Jakarta, Senin (10/9).

Menurut Djohar, langkah itu sendiri diambil setelah KONI selalu menunjukkan tindakan mengecewakan dalam beberapa waktu belakangan ini. Di PON Riau misalnya, Djohar merasa PSSI tak dianggap oleh lembaga yang menaungi semua induk organisasi cabang olah raga. Dan, itu kian menjadi, sambung Djohar, setelah KONI meyalip PSSI dalam urusan mengatur cabang sepak bola dan futsal PON.

"Sejak awal, kami memang sudah melihat ada yang aneh di PON. KONI tak pernah menggubris kami, mereka justru mengakomodir anggota yang tidak resmi. Kami selaku anggota KONI selalu diabaikan. Kami melihat KONI seperti tak ingin PSSI terlibat," jelas Djohar.

Rencana  PSSI untuk keluar nyatanya bukan keputusan sepihak Djohar Arifin Husin. Direktur Legal PSSI, Finantha Rudi mengakui bahwa hal itu bisa saja dilakukan PSSI.

"Sebagai anggota, seharusnya kami mendapat perlindungan. Kalau tak ada perlindungan, kami akan mempertimbangkan hal itu," jelas Finantha Rudi.