Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Lippi Senang Serie A Kembali Andalkan Pemain Muda

By Andi Yanianto - Senin, 10 September 2012 | 23:41 WIB
Marcello Lippi (Getty Images)

klub di Italia kembali mengutamakan pemain muda mereka ketimbang pemain asing.

Krisis keuangan yang melanda Italia berdampak besar Serie A. Klub-klub tak lagi bisa berbelanja pemain sesuka hati karena terbatas kondisi keuangan klub. Sebagai gantinya, klub-klubpun mulai mengandalkan pemain muda dari akademi sepak bola mereka.

Perubahan drastis di sepak bola Italia itupun disambut baik Marcelo Lippi. Menurut Lippi, sebuah hal positif klub-klub Italia mengandalkan pemain-pemain muda mereka karena itu akan mempermudah pelatih tim nasional Gli Azzurri dalam menemukan bakat baru.

"Pemain-pemain mdua sekarang memiliki beban lebih berat dari pemain asing. Itu merupakan cara yang sangat baik untuk membawa sepak bola Italia ke tingkat lebih tinggi lagi," kata pelatih yang membawa Gli Azzurri menjuarai Piala Dunia 2006 itu di Football Italia.

Beberapa klub yang mulai mengandalkan pemain-pemain muda mereka adalah Internazionale dan AC Milan. Menanggapi langkah kedua klub itu, Lippi berujar, "Apa dua klub Milan itu mengalami dekandensi? Saya akan berkata kalau mereka berada dalam tahap rekonstruksi. Itu mereka lakukan agar bisa kembali jaya."