Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Italia U-21 Kalah Telak 2-4 dari Irlandia U-21

By Oka Akhsan M. - Selasa, 11 September 2012 | 03:26 WIB
Stephan El Shaarawy (Giuseppe Bellini/Getty Images)

21 mengakhiri laga Kualifikasi Euro U-21 2013 dengan menelan kekalahan telak 2-4 dari Irlandia U-21 di Stadio Giuseppe Capozza, Casarano, pada Selasa (11/9) dini hari WIB. Kekalahan tersebut terasa menyakitkan karena Irlandia mengakhiri laga dengan sembilan pemain.

Azzurrini memulai laga dengan status sebagai juara Grup, sementara Irlandia telah dipastikan tersingkir. Pelatih Denis Mainga juga tetap menurunkan pemain terbaik termasuk striker Genoa, Ciro Immobile, dan bintang AC Milan, Stephan El Shaarawy.

Italia memulai laga dengan buruk karena langsung tertinggal pada menit ke-23 setelah Sean Murray mencetak gol lewat tendangan lob yang indah. Beruntung, 10 menit berselang bek Cesena, Luca Caldirola, berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Italia mendapat keuntungan ganda sebelum jeda pertandingan. Selain mendapat hadiah penalti, Irlandia juga harus bermain dengan 10 orang setelah bek Derrick Williams menerima kartu merah.

Namun, itu justru menjadi awal dari petaka Italia. Immobile gagal mengeksekusi penalti dan Irlandia malah unggul 3-1 di 15 menit babak kedua lewat sumbangan gol Aaron Doran dan Conor Henderson.

Pertandingan sempat tertunda selama 25 menit akibat listrik di stadion padam. Ketika laga kembali dimulai, Doran mampu mencetak gol kedua pada menit ke-75 untuk membuat Italia tertinggal 1-4.

Irlandia terpaksa bermain dengan sembilan orang ketika Anthony Forde juga diusir wasit. Setelah listrik pada untuk kedua kali, El Shaarawy mampu mencetak gol untuk untuk memperkecil ketertinggalan Italia menjadi 2-4 di menit-menit akhir pertandingan.

***

Berikut susunan pemain kedua tim:

Italy U-21: Perin; Faraoni, Caldirola, Masi, Crescenzi; Rossi, Sala (Viviani 46), Marrone (Laribi 69); Immobile (Da Luca 57), Gabbiadini, El Shaarawy

Irlandia U-21: McCarey, Doherty, White, Egan, Wlliams; Henderson, Forde, Carruthers, Doran; Murray, O'Kane