Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tiga Alasan B Channel Ambil Ligue 1

By Frengky Aruan - Selasa, 11 September 2012 | 16:50 WIB
Ligue 1 (Istimewa)

Setiap keputusan yang diambil tentu punya alasan. Begitupun ketika salah satu stasiun televisi swasta terestrial berjaringan asal Jakarta, B Channel memutuskan mengambil kompetisi Ligue 1 untuk disiarkan. Lantas apa alasan B Channel?

Menurut GM Programming B Channel, Panca Barisman, tiga alasan mendasari B Channel untuk menyiarkan Ligue 1 di tanah air. Yang pertama, jelasnya, karena sepak bola merupakan salah satu olah raga yang paling diminati masyarakat. Tak hanya dunia, tapi juga Indonesia.

"Hal kedua, kita ambil sepak bola terutama Ligue 1 karena sesuai dengan visi dan misi kami yang berkomitmen memberi inspirasi. Sepak bola sendiri punya semangat sportivitas, kerjasama, disiplin. Kami ingin itu didapat masyarakat."

"Yang ketiga, ketika nama-nama seperti Zlatan Ibrahimovic dan Carlo Ancelloti masuk ke liga Prancis, itu membuat kami percaya Ligue 1 akan masuk top Eropa dan keyakinan itu pula yang pada akhirnya membuat kami melakukan negosisai. Memang ada sedikit keterlambatan krn negosiasi itu, maka itu ketinggalan pertandingan selama 4 minggu," jelas Panca.

"Untuk kontrak, kami memang ditawarkan untuk beberapa musim. Tapi setelah berdiskusi kami ambil dua musim dulu. Mengenai nilai, saya rasa masih pas dikantong B Channel," sambungnya.

Ligue 1 akan mulai tayang sejak 15 September 2012. Setiap pekan natinya enam pertandingan akan disiarkan secara live oleh B Channel. Menurut Agung Rulianto, Manajer News and Sports, setiap penayangan tak akan bertele-tele.

"Sebelum pertandingan, kita akan live selama 15 menit. Dalam 15 menit itu, kita bikin preview pertandingan, review gol-gol indah, dan prediksi. Formatnya, untuk sementara live di studio," jelas Agung.