Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Downing Rela Dimainkan Sebagai Bek di Liverpool

By Randy Wirawan - Selasa, 11 September 2012 | 23:25 WIB
Stewart Downing (Scott Heavey/Getty Images)

Mengorbitnya performa Raheem Sterling membuat peran Stewart Downing sebagai gelandang sayap Liverpool mulai tergeser di awal musim 2012/2013.

Pertandingan melawan Arsenal di pekan ketiga Premier League menjadi bukti terakhir. Stewart Downing hanya berperan sebagai pemain pengganti dalam laga yang akhirnya dimenangkan The Gunners itu.

Bahkan manajer The Reds, Brendan Rodgers, pun kerap bereksperimen dengan menempatkan Stewart Downing di pos bek sayap.

Meski demikian, winger asal Inggris ini merasa tak masalah bila harus menempati posisi yang sejatinya bukan menjadi andalannya jelang pertandingan kontra Sunderland, Sabtu (15/9).

"Mudah-mudahan peran kecil kala melawan Arsenal bakal menempatkan saya menjadi pilihan saat melawan Sunderland," kata Stewart Downing pada Liverpool Echo.

"Saya hanya ingin bermain, dan melakoninya dengan baik. Semoga saya dapat menjalani musim yang baik. Saya pikir ini adalah kasus terkait adaptasi, dan kemampuan untuk bermain di posisi mana saja. Dalam permainan modern, anda harus bisa bermain di dua atau tiga posisi," tutur pemain berusia 28 tahun ini.

"Saya adalah seorang pemain menyerang, tapi jika manajer membutuhkan saya untuk membantu lini belakang, maka saya bersedia untuk melakukannya," tutur pemain berusia 28 tahun ini.