Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

UEFA Bagikan Keuntungan Euro 2012 Kepada Klub

By Randy Wirawan - Selasa, 11 September 2012 | 23:28 WIB
Michel Platini, Menyalami Mario Balotelli (Shaun Botterill/Getty Images)

klub yang melepas pemain mereka untuk Kualifikasi dan putaran final Euro 2012. Hal tersebut telah dikonfirmasi Asosiasi Klub-Klub Eropa (ECA), pada Selasa (11/9).

Jumlah uang yang diterima setiap klub bervariasi. Mulai dari 3,095 juta euro (38 miliar rupiah) seperti yang diterima Bayern Muenchen, hingga hanya 3.494 euro (42 juta rupiah) untuk klub level bawah Inggris, Barnsley, klub Finlandia, Jyvaskyla, dan klub Turki, Bucaspor.

Total ada sekitar 575 klub yang mendapat keuntungan dari UEFA sebagai kompensasi untuk klub yang melepas pemain untuk membela tim nasional masing-masing. Klub yang juga mendapat keuntungan besar lain adalah Real Madrid, Barcelona, Manchester City, dan Juventus.

Klub yang bermain di Divisi Dua Liga Swiss, FC Vaduz, juga mendapat keuntungan yang tidak sedikit. Mereka berhak menerima kompensasi sebesar 209.644 euro (2,5 miliar rupiah) karena menjadi penyumbang terbesar mayoritas skuad tim nasional Liechtenstein.

"Kami senang bisa membagi keuntungan dari gelaran Euro 2012 kepada klub yang telah berkontribusi besar menyukseskan turnamen. Putaran final Euro 2012 berlangsung sangat meriah dan saya bangga karena kini klub juga memiliki kaitan langsung dengan gelaran besar UEFA" ujar Presiden UEFA, Michel Platini, seperti dikutip dari World Soccer.