Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Demba Ba Bahagia di Newcastle Meski Jadi Cadangan

By Randy Wirawan - Rabu, 19 September 2012 | 00:16 WIB
Demba Ba (Stu Forster/Getty Images)

Agen Demba Ba menyebut sang klien merasa heran dengan perubahan peran yang dilakoni di Newcastle sejak pergantian tahun. Meski demikian, pemain asal Senegal itu mengaku masih betah di Sports Direct Arena dan menghormati keputusan manajer Alan Pardew.

Demba Ba merupakan mesin gol utama Newcastle di paruh pertama musim lalu sebelum berangkat membela Senegal di putaran final Piala Afrika di pergantian tahun. Kedatangan Papiss Cisse dari Freiburg pada Januari memaksa Pardew untuk memainkan Ba sebagai sayap kiri.

Keputusan tersebut ternyata berpengaruh terhadap penurunan produktivitas gol Ba di paruh kedua musim lalu. Ia bahkan memulai laga dari bangku cadangan saat The Magpies bermain imbang 2-2 dengan Everton di Goodison Park, pada Selasa (18/9) dini hari WIB.

"Sejak kembali dari Piala Afrika, Demba tidak mengerti dengan keputusan manajer. Jika kondisi seperti ini tidak berubah, maka kami akan mencari solusi lain yang lebih menguntungkan Demba," kata agen Ba, Alex Gontran, kepada BBC Sport.

Meski demikian, Gontran menyatakan Ba tetap menghormati Pardew meski tidak setuju dengan keputusannya. Ia menyebut Ba tetap bahagia di Newcastle dan itu dibuktikan dengan torehan dua gol ke gawang The Toffees yang menyelamatkan Toon Army dari kekalahan.

"Demba sangat bahagia di Newcastle. Ia bermain dengan banyak pemain yang berbahasa Prancis dan mencintai dukungan suporter klub. Ia memang ingin tampil sejak menit pertama, namun tetap menghormati keputusan pelatih meski tidak selalu sejalan dengan pemikirannya," pungkas Gontran.