Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Gerrard dan Vidic Lepas 96 Balon di Anfield

By Adil Pradipta - Rabu, 19 September 2012 | 22:47 WIB
Penghormatan Untuk Korban Tragedi Hillsborough (Christopher Furlong/Getty Images)

Liverpool dan Manchester United dilaporkan akan memberi penghormatan kepada korban tragedi Hillsborough sebelum bentrokan kedua klub di Anfield, pada Minggu (23/9).

Menurut BBC Sports, Kapten Liverpool dan United, Steven Gerrard dan Nemanja Vidic, akan melepas 96 balon berwarna merah sebagai penghormatan untuk para korban.

Para penonton juga akan membentuk mozaik di tiga sisi tribun. Nantinya mosaik tersebut akan terbentuk tulisan The Truth, Justice, dan 96. Kreator mozaik, Andy Knott, menyebut The Truth akan terlihat di the Kop, Justice di Lower Centenary Stand, dan 96 di Anfield Road end.

"Mozaik mengenai tragedi Hillsborough sangat istimewa. Namun yang terpenting kebenaran telah terungkap sehingga keluarga korban bisa melanjutkan hidup dengan tenang setelah menjadi pihak yang disalahkan selama lebih dari 20 tahun," kata Knott kepada BBC Sports.

Bentrokan melawan United merupakan pertandingan pertama Liverpool di Anfield sejak Panel Independen Hillsborough mengumumkan laporan terbaru. Laporan tersebut membersihkan nama fan Liverpool yang sebelumnya dituduh kepolisian sebagai penyebab tragedi yang terjadi pada 15 April 1989 dan menewaskan 96 orang tersebut.