Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Icuk Sugiarto Tak Akui Keabsahan Hasil Munas

By Randy Wirawan - Jumat, 21 September 2012 | 17:27 WIB
Icuk Sugiarto (Getty Images)

Terpilihnya Gita Wirjawan sebagai Ketua Umum PBSI yang baru langsung ditanggapi oleh kandidat Ketum PBSI, Icuk Sugiarto. Menurut Icuk, hasil Musyawarah Nasional (Munas) dengan menetapkan Gita secara aklamasi melanggar tata tertib Munas 2012.

"Saya sampiakan secara pribadi sebagai salah satu kandidat Ketua Umum 2012, saya katakan Munas ini sudah cacat karena Munas ini diadakan secara mendadak dan tergesa-gesa. Selain itu, saya terkejut dengan keputusan PBSI untuk menggelar pemilihan Ketum secara aklamasi telah melanggar tata tertib Munas," kata Icuk dalam jumpa pers di Hotel Yogyakarta Plaza, Jumat (21/9).

Icuk tidak bisa menerima keputusan PBSI yang tiba-tiba memajukan waktu pemilihan ketua dari jadwal yang tertera dalam tata tertib Munas. "Dalam jadwal ditulis pemilihan ketua akan berlangusng sekitar pukul empat sore, tapi tiba-tiba saya mendapat kabar sekitar jam 11, pemilihan ketua telah dilaksanakan secara aklamasi," tambah legenda bulu tangkis Indonesia itu.

Menurut Icuk, pada Munas tahun ini ada dua calon yang mendaftarkan diri untuk dipilih, jadi penentuan ketua PBSI harus dilakukan melalui pemilihan oleh peserta Munas, bukan aklamasi.

"Munas kali ini melanggar tata cara mekanisme yang biasa kita lakukan selama berpuluh-puluh tahun. Kini mekanisme itu telah kita cederai hari ini," tambah Icuk, yang juga Ketua Pengurus Provinsi PBSI DKI Jakarta.