Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Sir Alex Ferguson Ungguli 7 Manajer Liverpool

By Adil Pradipta - Jumat, 21 September 2012 | 20:11 WIB
Sir Alex Ferguson (Getty Images)

52 Sir Alex Ferguson melawan Liverpool sejak menangani Manchester United pada 1986. Selama 26 tahun bersama Setan Merah Fergie sudah meladeni tujuh pelatih The Reds dan Brendan Rodgers adalah manajer kedelapan yang dihadapi Sir Alex.

Uniknya manajer yang telah memberikan 12 trofi Premier League untuk Man United ini masih lebih unggul secara keseluruhan atas tujuh manajer berbeda Liverpool sejak 26 Desember 1986. Korban pertama Sir Alex adalah menajer legendaris Kenny Dalglish yang harus mengakui keunggulan United di Anfield 26 tahun silam.

Enam manajer Liverpool lain yang pernah berhadapan dengan Ferguson adalah Ronnie Moran, Graeme Souness, Roy Evans, Gerard Houllier, Rafael Benitez, dan Roy Hodgson. Selama 26 tahun Sir Alex telah memenangi 23 pertandingan, 16 kali kalah, dan 13 seri melawan Liverpool.

Sir Alex telah 26 kali menyambangi Anfield bersama skuad The Red Devils dengan catatan 9 kemenangan, 11 kalah, dan 6 seri. Sementara itu, Sir Alex juga telah 26 kali menjamu Liverpool di Old Trafford dengan torehan 14 menang, 5 kalah, dan 7 seri.