Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Lini Belakang Barcelona Keropos

By Randy Wirawan - Jumat, 21 September 2012 | 19:44 WIB
Puyol dan Pique harus lebih lugas. (Photo by David Ramos/Getty Images)

Meski Barcelona mampu menyapu bersih semua laga kompetitif yang dilakoninya, tetapi kekhawatiran tetap membayangi lini belakang mereka yang terlihat keropos.  

Dari tujuh laga sejauh ini yakni 4 di La Liga, 2 Piala Super, dan 1 Liga Champion, Barcelona hanya sekali berhasil menjaga gawangnya tidak kebobolan saat melawan Valencia. Hal ini terlihat tidak normal bagi sebuah tim yang mempunyai bek-bek tangguh dan penjaga gawang yang paling sedikit kebobolan dalam 4 musim terakhir.

"Inilah sepak bola. Kemenangan adalah yang utama. Namun, hal itu tidak bisa didiamkan karena bisa menjadi masalah besar," ujar Tito Vilanova saat dimintai keterangan mengenai lemahnya pertahanan El Barca.

Namun, Dani Alves punya alasan tersendiri mengenai mudahnya gawang Victor Valdes bobol.

"Kami kebobolan karena bermain sangat menyerang. Kami bukanlah tim yang suka bertahan. Filosofi kami adalah bermain menyerang. Jadi wajar jika kami banyak kebobolan," terangnya.

Pertahanan Barcelona akan mendapatkan ujian lebih berat lagi karena menipisnya stok pemain belakang yang tersedia setelah Gerard Pique harus istirahat 2 hingga 3 pekan.