Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Laga Berselimut Atmosfer Emosional Liverpool

By Wisnu Nova Wistowo - Minggu, 23 September 2012 | 16:53 WIB
Liverpool (Getty Images)

Dua klub paling bersejarah dan sarat akan prestasi, Liverpool dan Manchester United bertemu di Anfield, Minggu (23/9) malam WIB. Pertemuan kedua klub ini diperkirakan penuh emosional dan ketegangan atmosfer di dalam stadion.

Sejumlah kekhawatiran terjadi sesuatu yang tidak diinginkan di dalam stadion memunculkan wejangan-wejangan dari beberapa pihak yang paling disegani kedua kubu. Kecemasan tersebut timbul lantaran tepat di pertandingan dua rival bebuyutan itu bersamaan dengan peringatan setelah adanya pemaparan fakta dari Hillsborough Independent Panel mengenai peristiwa yang merenggut 96 nyawa pendukung Liverpool.

Selain itu, permasalahan rasial antara Luis Suarez dan Patrice Evra yang terjadi musim lalu juga dikhawatirkan menjadi pemicu dari hal-hal lebih besar yang tidak diinginkan lantaran merusak kekhusyukan peringatan tragedi Hillsborough yang terjadi 23 tahun silam. Karena itu banyak yang menyerukan kedua pemain tersebut bersedia berdamai untuk menghormati peringatan insiden Hillsborough dengan saling berjabat tangan.

Akan tetapi, masih ada opsi lain untuk menghindari gagalnya perdamaian antara Suarez dan Evra. Ya, Sir Alex Ferguson bisa membangkucadangkan Evra dan memainkan bek muda menjanjikan, Alexander Buttner. Pemain berusia 23 tahun ini mendapatkan debut masih saat menyumbang satu assist dan gol pekan keempat melawan Wigan Athletic dan tampil impresif saat dipercaya menggantikan Evra.

Dalam peringatan tragedi memilukan yang menewaskan 96 jiwa tersebut Nemanja Vidic dan Steven Gerrard dijadwalkan akan melakukan sebuah penghormatan bersama. Kedua kapten itu akan melepas 96 balon ke udara sebelum kick-off.

Lepas dari hal itu Sir Alex Ferguson telah menegaskan bahwa Manchester United tetap tidak akan membiarkan timnya kalah atau kehilangan poin meski menghormati peringatan pertama tragedi Hillsborough di Anfield. Di lapangan Fergie bersikeras akan tetap coba mencari kemenangan dengan menampilkan kekuatan terbaik.

Di pihak lain para pemain Liverpool diperkirakan akan mempunyai motivasi lebih untuk menang bersamaan peringatan Hillsborough. Selain itu, pasukan Brendan Rodgers memang tengah mencari kemenangan pertama musim ini. Sebuah kemenangan tentu akan mejadikan peringatan Hillsborough semakin emosional.

<object width="425" height="350" data="https://www.youtube.com/v/P_SmM9KuhIQ&feature" type="application/x-shockwave-flash"> </object>