Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Manchester United Lengkapi Kesedihan Liverpool

By Yudhi F. Oktaviadhi - Minggu, 23 September 2012 | 21:33 WIB
Liverpool vs Manchester United (Getty Images)

1 di Anfield, (23/9) malam WIB. Tiga gol yang tercipta di pertandingan ini masing-masing diciptakan Steven Gerrard, Rafael, dan Robin van Persie.

Kekalahan ini berarti memperpanjang catatan negatif Liverpool di lima laga awal Premier League musim 2012/13. Sementara itu, Manchester United terus membuntuti Chelsea di puncak klasemen sementara dengan 12 poin.

Pertandingan dua klub paling bersejarah dan sarat prestasi ini bertepatan dengan peringatan pertama di Anfield tragedi memilukan Hillsborough pasca adanya laporan yang dipaparkan Hillsborough Independent Panel. Selain itu, jabat tangan Luis Suarez dan Patrice Evra sebelum pertandingan pun ikut mewarnai pertemuan dua musuh bebuyutan tersebut.

Memainkan laga sarat emosional ini Steven Gerrard cs. tampil dengan motivasi lebih. Terbukti di sepanjang jalannya babak pertama mereka mendikte permainan Setan Merah.

Sayangnya, kartu merah tidak perlu Jonjo Shelvey pada menit ke-38 memberikan kerugian besar bagi Liverpool. Kendati demikian, 10 pemain The Reds tetap menguasai jalannya pertandingan hingga babak pertama berakhir.

Di babak kedua, dengan melakukan sedikit perubahan dengan memasukkan Suso dan menarik Fabio Borini The Reds langsung menggebrak pada menit-menit awal. Baru satu menit babak kedua bergulir Gerrard mampu merobek gawang United yang dikawal Lindegaard.

Keunggulan 1-0 Liverpool sayangnya tidak bertahan lama. Pada menit ke-51 bek kanan United, Rafael, berhasil menyamakan kedudukan 1-1 setelah sepakkan kaki kirinya ke tiang jauh tidak mampu dijangkau Pepe Reina.

Masuknya Paul Scholes di babak kedua menggantikan Nani memang memberikan dampak besar karena United bisa bermain lebih baik dalam membangun serangan. Petaka Liverpool pun akhirnya terjadi pada menit ke-77. Salah pengertian antara Glen Johnson dan Daniel Agger membuat Antonio Valencia dapat berlari bebas menuju kotak penalti.

Lambatnya keputusan Valencia untuk menembak langsung atau mengumpan membuat Johnson berhasil mendekatinya. Akan tetapi, dorongan yang dibarengi tekel membuat Valencia jatuh di dalam kotak penalti dan wasit langsung memberi keputusan dengan menunjuk titik putih.

Robin van Persie yang dipercaya menjadi eksekutor pun berhasil menambah koleksi golnya dan menjadikan United unggul 2-1 atas Liverpool. Itu adalah gol terakhir yang terjadi di pertandingan ini dan The Red Devils pun menutup laga dengan kemenangan.