Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

PSSI Minta AFC Perbaiki Surat Hasil Rapat KB

By Yudhi F. Oktaviadhi - Senin, 24 September 2012 | 13:57 WIB

Tak ingin ada penafsiran berbeda mengenai hasil rapat kedua Komite Bersama (KB), AFC akhirnya berkirim surat ke PSSI. Berdasarkan surat tertanggal 21 September 2012, AFC lewat Sekjen AFC, Alex Soosay, menjelaskan secara terperinci mengenai poin yang dihasilkan dalam rapat KB.

Akan tetapi, surat yang dikirim oleh AFC itu dinilai Sekjen PSSI, Halim Mahfudz belum sempurna. Menurut mantan juru bicara Kelompok 78 itu, ada beberapa hal yang salah. 

Misalnya saja mengenai penulisan tanggal pengiriman surat tersebut. Dalam surat itu, AFC menuliskan bahwa surat dikirim pada 21 September 2011.

"Karena itu kami ingin bersurat ke AFC untuk menjelaskan bahwa ada kekeliruan mengenai penanggalan. Kami akan meminta agar AFC membenarkan dan kembali berkirim surat. Ini penting agar tidak ada penafsiran yang keliru," kata Halim Mahfudz saat jumpa pers di Kantor PSSI, Senayan, Jakarta, Senin (24/9).

Namun tak hanya itu. Ada alasan lain yang mendasari PSSI bersurat ke AFC. Di antaranya agar AFC membenarkan isi surat AFC itu.

"Ada satu item yang tidak dicantumkan dalam poin hasil rapat Komite Bersama, yaitu tentang tim nasional. AFC hanya menulis masalah liga, statuta, pengembalian empat Komite Eksekutif, kongres saja sebagai poin."

Itu, menurut Halim, juga termasuk sanksi kepada pemain dan klub bila tak memenuhi panggilan PSSI untuk masuk timnas.

"Memang belakangan ada perdebatan apakah ada sanksi kepada pemain atau tidak, tapi saya memiliki rekaman rapat. Soal sanksi, itu disoroti oleh Alex Soosay," tutup Halim Mahfudz.