Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

John Terry Pensiun, Inggris Kesulitan

By Yudhi F. Oktaviadhi - Senin, 24 September 2012 | 15:31 WIB
John Terry (Getty Images)

John Terry telah menyatakan pensiun dari karier internasionalnya bersama timnas Inggris. Keputusan Terry itu disesalkan oleh mantan pemain Chelsea, Ray Wilkins.

Dia merasa tanpa kehadiran Terry, peluang Inggris untuk lolos ke Piala Dunia 2014 di Brasil bakal menipis. Menurutnya, bakal jadi pekerjaan yang sulit bagi Roy Hodgson untuk mencari sosok pengganti Terry yang tepat.

"Akan amat, amat sulit," ucapnya kepada Sky Sports. "Dia adalah pemain yang luar biasa dan di dalam ruang ganti, dia memiliki karakter hebat," lanjutnya.

"Di lapangan, dia melakukan apa yang diminta manajer. Fabio Capello sampai berkonflik dengan FA mengenai John karena sadar seberapa pentingnya sosok Terry di dalam tim nasional Inggris," papar Wilkins.

"Itu adalah kerugian besar. Menggantikan karakter sepertinya yang sudah lama bertahan di ruang ganti dan bermain dengan performa seperti itu secara konsisten, tentu akan amat sulit," tukasnya.

Terry sendiri mengungkapkan keputusannya untuk pensiun dari timnas dikarenakan tindakan FA terhadapnya. Hal ini mulai terlihat sejak muncul tuduhan tindakan rasialis Terry terhadap Anton Ferdinand. Sejak itu, dia harus kehilangan ban kapten meski akhirnya tak terbukti atas tuduhan tersebut.

"Aku merasa FA telah membuat posisiku bersama tim nasional tak lagi dapat dipertahankan," jelas Terry.

Di sisi lain, The Three Lions sudah melakoni dua laga Pra-Piala Dunianya dan mengemas empat poin, hasil masing-masing sekali menang dan seri. Mereka baru akan kembali bertanding pada 12 Oktober mendatang menghadapi San Marino.

Laporan Tribunnews