Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ada Kemungkinan Roy Hodgson Panggil Rio Ferdinand

By Windu Puspa Ningtyas - Selasa, 25 September 2012 | 13:05 WIB
Rio Ferdinand (Scott Heavey/Getty Images)

Keputusan John Terry untuk pensiun dari tim nasional Inggris cukup mengagetkan beberapa pihak. Sementara itu, muncul rumor yang menyatakan dengan perginya kapten Chelsea itu ada kemungkinan Roy Hodgson kembali akan memanggil Rio Ferdinand.

Asosiasi Sepak bola Inggris (FA) menyatakan bahwa keputusan siapa saja yang akan membela The Three Lions, sepenuhnya berada di tangan pelatih. Pada Euro 2012, Roy Hodgson memutuskan tidak memanggil Rio Ferdinand Dan menegaskan alasannya adalah sepak bola bukan karena konflik antara John Terry dan keluarga Ferdinand.

Jelang sidang disiplin FA terkait kasus rasis atas Anton Ferdinand, John Terry mengumumkan bahwa dirinya tidak akan lagi membela Inggris di kancah internasional. Hal itu memberi peluang bagi bek Manchester United untuk mengisi kekosongan di lini belakang pasukan Inggris yang akan bertemu San Marino bulan depan dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2014.

Mendengar rumor tersebut, Rio Ferdinand dikabarkan sangat tertarik dan akan menerima jika Roy Hodgson memberinya tanggung jawab. Namun, hingga saat ini sang pelatih belum memberikan keputusannya.

"Tidak ada alasan Rio tidak dipilih. Namun, keputusan itu sepenuhnya merupakan hak prerogatif manajer Inggris," kata salah satu orang FA kepada ESPN.