Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Andrea Pirlo Perlu Pensiun dari Timnas Italia

By Okie Prabhowo - Rabu, 26 September 2012 | 17:20 WIB
Andrea Pirlo (Claudio Villa/Getty Images)

Mantan gelandang AC Milan, Zvonimir Boban, memberikan opini sebelum dan sesudah pertandingan Fiorentina versus Juventus, Rabu (26/9) dini hari WIB. Boban berpendapat bahwa Andrea Pirlo sudah seharusnya pensiun dari timnas Italia dan Stevan Jovetic belum bisa disebut pemain kelas dunia.

Boban merasa Pirlo butuh istirahat dari timnas Italia. Komentator untuk TV Sky Italia tersebut menganggap Pirlo menjadi kurang cemerlang permainannya karena terlalu sering bermain untuk klub maupun untuk Italia.

"Pirlo harus mengorbankan salah satu tugasnya. Menurut saya itu timnas Italia" ujar Boban pasca pertandingan Fiorentina kontra Juventus. "Ia belum berhenti bermain di timnas dan menjadi kurang cemerlang permainannya karena terlalu banyak beban."

Pirlo hijrah ke La Vecchia Signora di bursa transfer musim panas 2011 dan membawa Juventus menjadi scudetto musim lalu. Playmaker tersebut juga berkontribusi untuk membawa timnas Italia mencapai Final Euro 2012.

Gelandang berusia 33 tahun tersebut kini memikul beban menghantarkan I Bianconeri meraih kesuksesan di Liga Champion. Agar tidak terlalui letih, Pirlo diistirahatkan pada pertandingan pekan ke-4 Serie A saat menang atas Chievo dan pada pertandingan di Stadio Artemio Franchi, ia digantikan oleh Paul Pogba di babak kedua.

Boban juga ditanya Football Italia tentang Stevan Jovetic sebelum pertandingan Viola versus Juve. "Ia pemain yang sangat baik dan akan lebih baik bila bergabung dengan Juventus. Namun, saya pikir ia belum cukup baik bila disebut pemain kelas dunia."

Jovetic di bursa transfer lalu sempat dimintai oleh Juventus. Namun, striker tersebut memilih untuk tetap berada di Firenze.