Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Fakta Menarik Laga Parma Versus AC Milan

By Andi Yanianto - Kamis, 27 September 2012 | 19:28 WIB
AC Milan saat Menang 2-0 Atas Parma Bulan Maret di Serie A Musim 2011/12 (Valerio Pennicino/Getty Images)

1 dengan Genoa, sedangkan Milan menang atas Cagliari 2-0. Pekan ke-6 nanti, Parma akan menjamu AC Milan di Stadio Ennio Tardini, Sabtu (29/9) WIB. Menjelang laga tersebut, terdapat beberapa fakta menarik dari pertemuan kedua tim.

Berikut beberapa fakta menarik Parma versus AC Milan:

- Dari 44 kali pertemuan di semua kompetisi, Parma hanya mampu menang atas Milan sebanyak 10 kali, sedangkan Milan menorehkan kemenangan 23 kali. Di Serie A, Parma menang 9 kali, dan Milan menang 22 kali.

- Parma saat di kandang hanya mampu menang 7 kali atas Milan, sedangkan Milan mampu menang sebanyak 13 kali. Parma hanya dapat menang tiga kali di laga tandang kontra Milan, sedangkan Milan mampu menang di partai away sebanyak 10 kali.

- Parma pernah menaklukkan AC Milan di UEFA Super Cup tahun 1994. Saat itu laga final pertama, Parma kalah dari Milan 0-1 di Stadio Ennio Tardini. Namun, pertemuan kedua di San Siro, Parma mengalahkan Milan 2-0 setelah perpanjangan waktu. Hasil tersebut menghantarkan Parma meraih Super Cup.

- Parma, sebagai juara Piala Winner musim 1992/93, seharusnya bertemu dengan wakil Prancis, Marseille, di UEFA Super Cup. Namun karena Marseille terkena larangan bermain terkait kasus pengaturan skor, maka AC Milan sebagai rival klub Perancis tersebut di final Liga Champion, maju sebagai lawan Parma di Super Cup.

- Parma pernah menang telak 4-0 atas Milan, begitu juga sebaliknya. Parma pernah mengalahkan Milan dengan skor tersebut di Serie A musim 1998/99, sedangkan Milan menang atas Parma dengan skor yang sama musim 2010/11.

- Milan paling sering menang atas Parma dengan skor 2-0 yaitu sebanyak lima kali. Terakhir kali skor tersebut terjadi di musim lalu saat bertandang ke Stadio Ennio Tardini.

- Parma hanya mampu melesakkan 40 gol ke gawang Milan, sedangkan Milan dapat mencetak 63 gol.

- Kemenangan terakhir Parma atas Milan di Serie A terjadi pada musim 2009/10 pekan ke-30. Parma secara dramatis menekuk Milan 1-0 di kandang melalui gol dari Valeri Bojinov di menit ke-90.

- Hujan gol yang terjadi di antara kedua tim saat pekan ke-18 musim 2005/06. Skor saat itu 4-3 untuk kemenangan Milan di San Siro. Gol Milan dicetak Alberto Gilardino, Kaka, Andriy Shevchenko, dan satu gol hasil bunuh diri bek Parma, Giuseppe Cardone. Sedangkan Gol untuk Parma dicetak Paolo Cannavaro, dan dua gol oleh Marco Marchionni.