Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Lewis Hamilton Tinggalkan McLaren

By Arnoldi - Jumat, 28 September 2012 | 16:39 WIB
Lewis Hamilton (Mark Thompson/Getty Images)

Pebalap Formula 1 asal Inggris, Lewis Hamilton, akhirnya meninggalkan McLaren dan bergabung dengan Mercedes untuk musim balap 2013. Kursinya di McLaren akan diisi oleh pebalap asal Meksiko yang saat ini memperkuat Tim Sauber, Sergio Perez.

Bergabungnya Hamilton ke Mercedes resmi diumumkan pada Jumat, (28/9) imbasnya akan berdampak pada pebalap legendaris, Michael Schumacher yang akan ke luar dari tim, walau masih belum jelas apakah ia akan pensiun atau bergabung dengan tim lain.

Selama ini memang sudah beredar spekulasi jika pembalap berusia 27 tahun tersebut akan pindah ke Mercedes, khususnya setelah pengamat F1 untuk BBC, Eddie Jordan, mengatakan sudah tercapai kesepakatan antara Hamilton dan Mercedes.

Laporan-laporan di media Eropa juga menyebutkan McLaren menawarkan kontrak baru dengan pemotongan gaji sepertiga dari yang diperolehnya saat ini, 10 juta pounds per tahun atauu sekitar 155 miliar rupiah.

Pendapatan itu sama dengan pembalap McLaren lainnya, Jenson Button, walau belakangan tawaran untuk Hamilton dinaikkan dengan tambahan 2 juta pounds per tahun (31 miliar rupiah).

Direkrut McLaren sejak kecil

Adapun kontrak dengan Mercedes, seperti dilaporkan kantor berita PA, mencapai 15 juta pounds atau 232 miliar rupiah  untuk tiga tahun. Ia akan menjadi pembalap utama di Mercedes dengan mitra Nico Rosberg asal Jerman.

Hamilton sendiri selama ini tidak memberi komentar atas spekulasi kepindahannya selain menegaskan terfokus untuk meraih juara musim 2012 bersama McLaren.

Saat ini dia berada di posisi empat klasemen sementara dengan selisih 52 poin dari peringkat pertama Fernando Alonso. Dengan enam balapan yang tersisa, maka Hamilton bersama beberapa pembalap lainnya, masih tetap punya peluang untuk meraih juara F1 tahun 2012.

Dalam musim 2012 hingga balapan di Grand Prix Singapura pekan lalu, Hamilton sudah mencatat tiga kemenangan, yaitu di Kanada, Hungaria, dan Italia. Dia mendapat posisi terdepan di GP Singapura namun tidak berhasil menyelesaikan balapan karena masalah tehnis.

Hamilton sudah direkrut McLaren sejak dia masih berusia 13 tahun dan Mercedes merupakan tim keduanya dalam karir balapnya.

Laporan Tribunnews.com