Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kaka Mengaku Kesulitan Beradaptasi di Real Madrid

By Yudhi F. Oktaviadhi - Sabtu, 29 September 2012 | 18:13 WIB
Ricardo Kaka. (Julian Finney/Getty Images)

Layaknya anak kecil yang diberi hadiah permen, Kaka mengaku  sangat gembira kembali dipanggil tim nasional Brasil untuk laga uji coba menghadapi Irak dan Jepang pada 12 dan 16 Oktober. Selain itu ia juga mengungkapkan alasan selalu dicadangkan di Real Madrid.

Peraih Ballon d'Or 2007 ini tidak tampil untuk Brasil dalam dua tahun. Namun, kini ia kembali untuk memperjuangkan satu tempat di skuad Brasil yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2014.

"Saya sangat terkejut dengan pemanggilan ini. Saya melihat nama saya masuk skuad di TV meski saya sudah diberi tahu sebelumnya jika nama saya termasuk salah-satunya yang terdaftar," ujar Kaka kepada globoesporte.com.

"Ketika daftar itu diterbitkan rasanya seperti pertama kali mendapat panggilan timnas," tambah Kaka sumringah.

Pemain yang dikenal sangat religius ini telah tampil di tiga edisi Piala Dunia. Ia sangat khawatir tidak dipanggil untuk Piala Dunia 2014 yang akan digelar di negara asalnya, akibat jarang diturunkan Jose Mourinho di Madrid.

Perbedaan taktik permainan AC Milan dan Real Madrid diakui menyulitkannya.

"Milan dan Madrid bermain dengan formasi yang berbeda. Saat di Milan klub bermain dengan formasi 4-3-1-2 dan saya bermain di belakang dua striker," urainya.

"Di Madrid saya bermain di belakang tiga pemain dengan peran bertahan yang lebih besar, tapi saya berusaha untuk bermain baik di posisi itu," terang Kaka.